HEADLINE

Ratusan Warga Tulangbawang Barat Sakit Pernapasan Imbas Polusi Asap Pabrik Sawit di Tiyuh Indraloka Jaya Tubaba

/

Redaksi / Kamis, 14 Maret 2019 / 12:33 WIB

Sebarkan:

Ket Foto :Ratusan Warga  Tulangbawang Barat Sakit Pernapasan Imbas Polusi Asap Pabrik  Sawit di Tiyuh Indraloka Jaya  Tubaba 


Tulangbawang- (Media Nasional Obor Keadilan)  l  Akibat polusi pabrik Sawit , PT Surya Utama Nabati (SUN) yang berada di Tiyuh Indraloka Jaya Kecamatan Way  Kenangan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). ratusan warga sekitar mengalami gangguan pernafasan.

Kejadian itu sudah berlangsung sejak tahun 2012 dan diprotes oleh warga. Namun hingga kini tidak ada upaya dari pihak perusahaan maupun tindakan pemerintah untuk mencegah pencemaran.

“ Mengakibatkan Masyarakat karena asap pekat sekali dan debunya membuat sesak nafas. Kaca dan lantai saja sampai menghitam penuh debu,” kata Khulil , Kamis  (14/3/2019).

Ratusan  Rumah warga dari pabrik PT SUN hanya berjarak sekitar 200 meter. Asap pabrik berwarna hitam pekat disertai debu menyebabkan sesak nafas dan mengganggu aktivitas  Warga  tersebut.

Permasalahan tersebut pernah diadukan oleh warga hingga ke Pemerintah Kabupaten  Tulang bawang Barat  Setelah ada pengaduan, pemerintah kemudian memediasi warga dengan PT SUN . Namun menurut  khulil  hingga saat ini belum ada penanganan maksimal dan masih terjadi pencemaran.

"Memang  belum ada tindak lanjutnya dengan merubah posisi cerobong dan perubahan waktu produksi diluar Tetapi giliran masyarakat setiap  hari yang kena polusi,” tutur khulil

Khulil  menambahkan,  ada kompensasi,  Dari PT  SUN pernah menjanjikan akan memberikan fasilitas kesehatan rutin . Namun hingga sekarang janji tersebut belum direalisasikan.

" Selain itu janji untuk memberikan fasilitas kesehatan rutin kepada  masyarakat  sampai saat ini belum terealisasi," Imbuhnya.
(Sujatna)
Editor  :Redaktur
Penanggung Jawab Berita :Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI