HEADLINE

PT. Canang Indah Akui Telah Terjadi Kerusakan Pada Cerobong Asap

/

Redaksi / Senin, 19 Maret 2018 / 13:19 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar: Pt. Canang Indah Cerobong Asap  Rusak Membuat Warga Belawan Resah

BELAWAN | Media Nasional Obor Keadilan | Kerusakan pada cerobong asap milik PT CANANG INDAH berbuntut panjang. Masyarakat Kota Belawan kabarnya akan meminta pertanggungjawaban kepada pihak perusahaan pengolahan kayu tersebut terkait dampak dan akibat yang ditimbulkan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Seperti penuturan Basyir (30) warga Kota Belawan kepada wartawan, Minggu (18/3/2018) mengatakan, akibat dari dampak asap sisa pembakaran produksi kayu milik PT Canang Indah tersebut, warga mulai mengalami infeksi saluran pernafasan (Ispa). Selain mencemari lingkungan, asap hitam yang keluar dari cerobong pembuangan asap itu menimbulkan polusi udara.

Untuk itu, ribuan masyarakat belawan yang bermukim di Kelurahan Belawan Bahagia dan Belawan Lama Gudang Arang Kelurahan Belawan I yang merasakan langsung dampaknya tersebut ‎akan meminta pertanggungjawaban kepada perusahaan tersebut.

” Bukan hanya dinding rumah dan pakaian kami saja yang kotor karena debu aspa hitam itu, tapi anak-anak kami sudah batuk-batuk akibat menghirup asap hitam pabrik itu. Makanya, kami akan meminta pertanggungjawaban.

Ditanya langkah apa yang akan dilakukan ribuan warga Belawan terkait kerusakan cerobong asap yang diduga telah menyengsarakan mereka tersebut.

” Kami akan minta pertanggungjawaban pihak PT Sicanang Indah. Dan dalam waktu dekat ini rencananya ribuan warga akan melakukan aksi demo,” beber Basyir.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wak Esah (52), bahwa selama warga Belawan Bahagia merasakan langsung dampak dari asap hitam itu. Keresahan warga dari polusi udara itu dirasakan sejak seminggu belakangan ini.

” Kami cuma minta pertanggungjawaban, agar cerobong asap itu diperbaiki, karena semua yang merasakan dari dampak asap itu. Oleh karena itu kami minta agar perusahaan itu bisa bertanggung jawab,” ucapnya.

Terpisah, menyikapi hal ini, Anggota DPRD Medan, Bahrumsyah ketika di konfirmasi wartawan menegaskan, pihaknya akan segera mendatangi PT Canang Indah untuk meminta pertanggungjawaban atas dampak yang telah dialami masyarakat Kota Belawan.

” Kita sudah konfirmasi dengan pihak PT Canang Indah, mereka mengakui ada kerusakan pada cerobong asap itu. Makanya, hari Senin saya bersama dengan pihak Lingkungan Hidup akan mengunjungi pabrik itu untuk mencari solusi dan menyelesaikanr hal yang terjadi pada masyarakat Kota Belawan,” tegas Bahrumsyah. (M. Panjaitan)

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI