|

Cara Tepat Guru Dalam Mengajarkan Pelajaran Bahasa Inggris Secara Daring

Penulis: Nur Susi Anggriani

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Selasa, (11/08-2020) - Ditengah pandemi sekarang ini guru sangat memiliki banyak kesulitan dan kendala dalam pembelajaran secara daring, guru yang biasanya selalu menjadi pusat disetiap pembelajaran kini malah berbalik siswa lah yang menjadi pembelajar, bahkan peran orang tua yang harus menyemangati dan membantu di setiap proses pembelajaran. Pembelajaran daring ini sudah mampu menggeser strategi dan metode yang biasa dilakukan dalam pembelajaran tatap muka, dan hampir melunturkan fungsi seorang guru sebagai fasilitator, motivator dan mediator dalam proses pembelajaran.

Disebabkan karena keadaan pandemi dan singkronisasi pesatnya perkembangan kemajuan teknologi informasi, tidak jarang tenaga pendidik/ guru hanya memberi materi berupa bahan baca murid dan langsung memberi tugas tanpa penjelasan sebelumnya baik berupa video pembelajaran atau lainnya. Seorang guru tentu ingin memberikan yang terbaik kepada anak didiknya, dan tentunya pula ingin tetap menjadi pusat pembelajaran motivator, mediator serta fasilitator kepada anak didiknya.

Maka dari itu, penulis akan memaparkan beberapa cara yang tepat yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam melakukan pembelajaran Bahasa Inggris secara daring (dalam jaringan)

Pengaturan Dan Penetapan Waktu Yang Tepat Saat Melakukan Pembelajaran Bahasa Inggris

Sebagai seorang pendidik dan juga teladan pagi peserta didik, guru harus komitmen dengan pengaturan dan penetaan waktu yang sudah ditetapkan. Jika pada pertemuan pertama kita tetapkan pada jam 10.00 maka pada pertemuan selanjutnya juga seperti itu jam 10.00 juga, dan jika suatu saat terdapat kendala yang tidak memungkinkan, maka guru segera mengkonfirmasikan atau mengabarkan segera kepada murid dengan perubahan jadwal yang telah kita tetapkan.

Tidak Hanya Menetap Pada Satu Metode Pembelajaran Saja.

Dengan beragam metode yang dilakukan guru, dapat menarik perhatian murid untuk aktif dan semangat dalam proses pembelajaran walupun daring, sehingga sang murid merasa menyayangkan baginya jika ia tidak ikut aktif dalam proses pembelajaran yang guru miliki.

Memberi Penjelasan Materi Pelajaran Bahasa Inggris Sebagus Mungkin

Kebanyakan dari guru hampir melupakan yang namanya memberi materi kepada muridnya, dan tidak jarang pula guru hanya memberi materi berupa tulisan saja, namun tidak memberi penjelasannya. Maka disini guru seharusnya memberi penjelasan kepada muridnya dengan beragam cara. Misalnya, dengan memberikan video pembelajaran yang telah dibuat oleh guru seperti pembelajaran tatap muka, dengan menjelaskan di papan tulis dan di video kan kemudian dikirm lewat grup yang telah dibuat guru. Boleh juga mengirim audio rekaman suara penjelasan pembelajaran guru pada mata pelajaran bahasa Inggris sehingga anak lebih mudah memahami. Atau bisa memalui via online yang lain seakan kita bisa bertatap muka menanyakan kabar dan menjelasakan pembelajaran yang tidak dipahami oleh murid atau cara lainnya. Hal inilah yang dapat menyemangati murid agar tetap semangat belajar walupun tidak bertatap muka langsung dan menjadikan siswa belajar namun guru tetap menjadi pusat dalam proses pembelajaran.

Menjaga Komunikasi Baik Dengan Siswa

Menjaga komunikasi disini maksudnya adalah sebagai guru bahasa Inggris harus bisa menjadi tempat bagi murid untuk bertanya dan harus siap mendengarkan keluhan yang dimilki mereka tentang pelajaran bahasa Inggris atau lainnya. Karena tidak semua latihan yang diberikan mereka paham, maka dengan menjaga komunikasi yang baik dengan siswa, maka mereka juga tidak akan sungkan ingin bertanya kepada guru.

Memahami Siswa Tentang Cara Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring

Peran guru disini sangat penting dalam mengarahkan kepada muridnya bahwa pembelajaran bahasa Inggris tidak serumit yang mereka bayangkan, juga mengajarakan kepada murid cara-cara metode pembelajaran dalam jaringan ini agar mereka tidak bingung sendiri bagaimana sistem pembelajarannya. Karena sekalipun dengan pembelajaran daring setiap siswa juga bisa pintar dan cerdas berbahasa Inggris sebagaimana mereka juga memiliki kemauan dalam belajar selama pandemi ini.

Hindari Pemberian Tugas Tanpa Ada Penjelasan

Hal ini yang harus dihindari oleh seorang guru, maka dari itu apa yang telah dijelaskan kepada murid itulah yang diberikan latihan/ tugas dari sang guru. Misalkan hari ini belajar mengenai “simple present” maka guru juga harus memberikan tugas mengenai materi itu juga dengan penjelasan yang telah guru berikan.

Itulah beberapa strategi pembelajaran bahasa Inggris yang telah penulis paparkan yang bisa dilakukan selama masa pandemi yang menggunakan pembelajaran daring (dalam jaringan). Bagi guru tetap semangat dalam meningkatkan pendidikan walupun tanpa tatap muka langsung demi meningkatkan pendidikan di bangsa kita, karena dengan ilmu hidup akan mudah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

IDENTITAS PENULIS

Nama: Nur Susi Anggriani
Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris  Kelompok 161 KKN-DR UIN SU 
Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dr. Fauziah Lubis SH, M.Hum.

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini