|

Manfaat TOGA Kunyit Bagi Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid 19

Penulis: Yuni Harmila Siregar 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Jum'at, (14/8-2020) - Setiap hari virus corona (covid-19) di Indonesia semakin bertambah tetapi masyarakat masih banyak yang belum sadar bahaya covid-19. Masyarakat masih ada yang tidak peduli intruksi dari pemerintah mengenai social distancing dan phsycal distancing untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh agar terhindar dari virus corona tersebut. Oleh karena itu kita harus beraksi dalam memutus rantai penyebaran virus corona tersebut yaitu menjaga kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan imunitas tubuh kita dengan cara mengonsumsi tanaman obat keluarga (TOGA). 

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah pengobatan tradisional yang telah lama diketahui oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Dapat kita ketahui bahwa pemanfaatan TOGA diketahui oleh masyarkat zaman dahulu yaitu dengan pengetahuan mereka sehingga manfaat TOGA ini terutama tanaman kunyit sangat banyak manfaat nya untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman yang dihasilkan dari budidaya masyarakat dimana dapat di budi daya kan di sekitar rumah dan sangat mudah untuk merawat tanaman obat Keluarga (TOGA) kunyit.

Kunyit (Curcuma domestica val.) adalah salah satu tanaman obat yang  yang berfungsi untuk meningkatkan Imunitas tubuh kita dengan cara diolah menjadi jamu. Rimpang kunyit sangat banyak manfaat nya bagi kesehatan yaitu mengobati gusi bengkak, sesak nafas, sakit perut, bisul, usus buntu, menurunkan tekanan darah dan lainnya. Selain bermanfaaat bagi kesehatan kunyit dapat digunakan sebagai bahan pewarna makanan.

Kunyit memiliki kandungan curcumin sehingga jika mengonsumsi curcumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh. curcumin juga memberikan dua jenis perlindungan tubuh dari radikal bebas sehingga berperan sebagai daya tahan tubuh. Dapat kita ketahui bahwa virus corona (Covid-19) rentan menyerang manusia yang memiliki imun rendah sehingga untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat sebaiknya mengonsumsi makanan gizi seimbang dan ditambahkan dengan minuman herbal seperti jamu yang terbuat dari kunyit. Sehingga dengan cara itu kita dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

IDENTITAS PENULIS 

Nama: Yuni Harmila Siregar

Fakultas: Kesehatan Masyarakat

Prodi: Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kelompok: KKN-DR Kelompok 87

Dosen Pembimbing Lapangan: Samsudin Syafri, S.T, M.Kom

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini