|

Kegiatan Belajar Mengaji Pada Anak di Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat, “Ngaji Yukkkkkk”

Oleh: Ayu Lestari (KKN DR-Kel 145)
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Media Nasional Obor Keadilan |Kamis (06/08-2020), Mengaji merujuk pada kegiatan membaca iqra’/Al-quran atau membahas kitab-kitab oleh penganut agama Islam. Aktivitas ini dalam agama Islam termasuk ibadah dan orang yang melakukannya akan mendapatkan ganjaran dari Allah swt. Belajar mengaji pada anak harus dibiasakan sejak dini Sesuai dengah Hadis yang berbunyi: Dari Ali Ra.

Ia berkata bahawasannya Rasulullah SAW bersabda: Dididklah anak-anak kalian dengan tiga macam perkara yaitu mencintai Nabi kalian dengan keluarganya serta membaca Al-Quran karena orang-orang yang menjunjung tinggi Al-Quran akan berada di bawah lindungan Allah diwaktu tidak ada lindungan selain lindungannya bersama para Nabi dan kekasihnya (H.R Ad-Dailami). Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah. Salah satu yang wajib diajarkan kepada anak adalah segala hal tentang Al-Quran, karena Al-Quran merupakan pedoman hidup manusia.

Mengajarkan Al-Quran pada anak-anak merupakan usaha untuk dekat dengan pedoman hidupnya dan selalu dekat dengan Allah.
 Di desaku Stabat lama kabupaten Langkat  kegiatan belajar mengaji dibiasakan sejak usia dini. Dimana mereka akan mengaji di sebuah lembaga MDA Al-Maarif tempat anak-anak diajarkan membaca iqra’, membaca al-Quran, ilmu pengetahuan agama seperti Fiqih, Bahasa Arab, Arab Melayu (Arab gundul), Akidah Akhlak, Sejarah islam. Biasanya orang tua di desaku akan memasukkan anaknya ke lembaga MDA Al-Maarif pada waktu mereka sudah sekolah dasar kelas 1, kelas 2 atau kelas 3 SD.

Foto bersama Mualimah dan anak-anak yang Belajar Mengaji

Kegiatan belajar mengaji di desa Stabat lama kabupaten langkat pada lembaga MDA Al-Maarif akan dilakukan pada hari senin s/d sabtu pada pukul 14.00 s/d 16.00. Di MDA Al-Maarif memiliki 4 kelas, dari kelas 1 sampai kelas 4, dan dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan agama. Disana anak-anak akan mendapatkan pembelajaran tentang ilmu agama dasar dari mulai teori sampai peraktek. Tak hanya di sebuah lembaga tentunya kegiatan belajar mengaji pada anak di desa Stabat lama Kabupaten Langkat biasanya dilakukan orang tua usai Sholat maghrib. Ini dilakukan untuk memperlancar anak dalam membaca iqra’ atau al-Quran dan memperlancar hafalan yang telah mereka dapatkan dari lembaga MDA Al-Maarif.(*)

Oleh: Ayu Lestari (KKN DR-Kel 145)
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini