|

Beruang Madu Masuk Lingkungan Warga Di Dumai - Riau, BKSDA Riau Pasang Perangkap

Foto: Tampak tim BKSDA Riau memasang perangkap untuk beruang madu di Dumai- Riau pada selasa (21/1).
___________________________________________

OBOR KEADILAN.COM/ Dumai-Riau/ Rabu (22/1). Balai Besar KSDA Riau mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada satwa liar Beruang madu yang muncul di pemukiman tepatnya di Jl. Abdul Rab Khan, RT.15 KM. 3 Kel. Bukit Timah, Kec. Dumai Selatan, Tim Balai Besar KSDA Riau segera menindaklanjuti informasi tersebut dan langsung melakukan pengecekan lokasi, serta berkoordinasi dengan Lurah Bukit Timah dan Ketua RT.15.

Sebagaimana Dijelaskan oleh Kepala BBKSDA Provinsi Riau, Suharyono, Dan Kepala Bidang KSDA Wil. 2, Heru Sutmantoro Melalui Kasubbag Kehumasan, Dian Indriati Kepada Media OborKeadilan.com pada Rabu (22/1), Bahwa pada Selasa, (21/1) Tim menelusuri pemukiman dan masuk ke semak belukar, dimana di lokasi tersebut juga terdapat tanaman sawit dan kelapa. Saat itu selintas Tim melihat 1 ekor Beruang madu yang dengan cepat bersembunyi dibalik pepohonan. Pengusiranpun segera dilakukan dengan menggunakan mercon namun beruang tersebut masih bertahan di lokasi.

Tanpa menyerah, Tim dibantu warga RT. 15, Lurah Bukit Timah, Manggala Agni Daops Dumai serta masyarakat yang lain segera memasang kerangkeng di sekitar Beruang dan memberinya umpan seperti minyak jelantah, buah cempedak, rambutan, serta sarden di dalam dan sekitar Kerangkeng.

Tim menghimbau kepada masyarakat agar berhati hati dan waspada serta jangan melakukan penjeratan atau penembakan terhadap satwa tersebut dikarena satwa Beruang merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang Undang No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE.

Dan Hingga saat ini Tim dan warga RT.15 serta masyakat sekitar masih memantau keberadaan satwa di lokasi.

Reporter: [Ricky Panjaitan]
Editor : Redaktur pelaksana 
Penanggungjawab Berita: Obor Panjaitan 
Komentar

Berita Terkini