|

Ini Jumlah Kasus HIV/AIDS di Manggarai Timur

Foto : Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTT melakukan rapat koordinasi dalam rangka mengatasi masalah penyakit HIV/AIDS.

Media Nasional Obor Keadilan | Borong-NTT | Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Manggarai Timur bersama Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTT melakukan rapat koordinasi dalam rangka mengatasi masalah penyakit HIV/AIDS.
berlangsung di ruang rapat Bupati Matim Selasa, (18/06).

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs. Jahang Fansi Aldus menjelaskan bahwa, HIV/ AIDS merupakan salah satu persoalan besar yang tengah dihadapi bangsa Indonesia dan seluruh bangsa- bangsa yang ada di dunia. Terutama generasi muda bahkan anak anak telah menjadi korban HIV/AIDS.

Untuk itu, lanjut Jahang, laporan kasus HIV dan AIDS di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTT menunjukkm bahwa sejak Tahun 1997 sampai dengan Tahun 2018 telah dilaporkan 16.191 kasus HIV dan AIDS, dengan perincian HIV berjumlah 12.950 kasus dan AIDS berjumlah 3.241 kasus dan yang meninggal dunia sebanyak 1.356 orang, ungkapnya.

"Kasus HIV dan AIDS di Kabupaten Manggarai Timur sejak tahun 2008 sampai bulan Desember 2018 mengalami peningkatan yang signifikan yaitu total berjumlah 109 kasus dengan perincian HIV 55 kasus dan AIDS 54 kasus dan yang meninggal berjumlah 41 orang," jelasnya.

Kata Jahang, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah melalui Komisi Penanggulangan AIDS mulai dari upaya pencegahan, perawatan serta upaya menciptakan lingkungan yang kondusif.

"Kegiatan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mencegah infeksi baru, mencegah kematian akibat AIDS dan menghilangkan stigma dan diskn’minasi terkait HIV dan AIDS, serta peningkatan kwalitas hidup bagi Orang Dengan HlV/AIDS ( ODHA )", tutur Jahang.

Oleh karena itu, tambah Jahang, untuk mencapai target pelaksanaan kegiatan pencegahan dan penanggulangan HlV/AIDS maka hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi untuk membahas permasalahan dan  tantangan yang kita hadapi saat ini.(*)

Editor :Redaktur
Penanggung Jawab Berita :Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini