|

Jokowi Ritual Kendi Nusantara bersama 33 Gubernur se-Indonesia, 5 Doang Yang Menginap

Pembangunan di titik nol IKN. Presiden Jokowi dan para gubernur akan berkemah di lokasi ini. (Foto: Istimewa)
Media Nasional Obor Keadilan | Jakarta | Sebanyak 33 Gubernur dijadwalkan berkemah bersama Presiden Jokowi di itik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Namun, hanya lima gubernur se-Kalimantan yang ikut menginap.

"33 gubernur diagendakan hadir ke lokasi berkemah bersama Presiden," ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim M. Syafranuddin, di Penajam, Sabtu (12/3) dikutip dari Antara.

"Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara," imbuhnya.

Para gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara tersebut antara lain Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Presiden Jokowi juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Gubernur Kaltim Isran Noor membawa tanah dan air dari dua daerah, yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

Lokasi IKN Indonesia yang baru tersebut sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser, air serta tanah tersebut simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

"Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14/3), Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13/3), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu," ujarnya.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, antara lain fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

"Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan, pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan," kata Syafranuddin.
(***)

Editor: Redaktur

Penanggung Jawab Berita: Obor Panjaitan

Komentar

Berita Terkini