|

Wali Kota Mohammad Idris Sampaikan Berbagai Upaya Pengendalian Inflasi di Depok Saat Rakor HLM TPID

Ket gambar: Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menghadiri Rakor TP2DD di Ruang Bougenvile, Gedung Balaikota Depok, Rabu (29/09/2021).
Media Nasional Obor Keadilan |Kota Depok-Jawa Barat, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, pagi tadi, Rabu (29/09/2021) membuka Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok, bertempat di Ruang Bougenvile, Gedung Balaikota Depok. Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto; Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono; Kepala Divisi Kantor perwakilan Bank Indoensia Provinsi Jawa Barat, syafi’I; Ekonom Ahli Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Tanti Mulyanti; Kepala Bagian Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Barat, Ir. Uyad Muhammad; Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri serta Asiten, Staf Ahli  dan Kepala Peragkat Daerah Kota Depok.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam dua tahun terakhir pandemi covid-19, perekonomian Kota Depok ikut terdampak seperti halnya Indonesia dan dunia. Pemerintah Kota Depok telah melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi melalui kerja-kerja kolaborasi dan dukungan dari Perangkat Daerah anggota TPID Kota Depok. “Dalam menjaga keterjangkauan harga, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok rutin melakukan monitoring harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat di pasar rakyat dan juga melalui penyelenggaraan program pasar murah”, ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Dalam upaya menjaga ketersediaan pasokan, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti pengembangan Urban Farming melalui lomba Pekaranagn Pangan Lestari (P2L). Melalui DKP3, juga secara rutin melakukan penyusunan Neraca Bahan Makanan (NBM) dan penyusunan Pola Pangan Harapan (PPH).

Selanjutnya dalam upaya menjaga kelancaran distribusi dan untuk mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, melalui Disperindag telah membuat Pasar Rakyat Online. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) telah menyelenggarakan UMKM Depok virtual Expo.

Sementara dalam upaya menjaga komunikasi efektif, Pemerintah Kota Depok senantiasa menyajikan informasi data harga komoditas barang kebutuhan pokok masyarakat pada aplikasi Depok Single Window yang dikelola Diskominfo.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPS Kota Depok yang selama ini telah mendukung Pemerintah Kota Depok dengan menyediakan data inflasi dan data-data lainnya,” ungkap Wali Kota. Selain itu pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kepolisisan Resort Metro Depok, yang melalui satgas pangan telah membantu dalam proses pengawasan keterjangkauan harga dan ketersediaan bahan pangan di masyarakat.

“Kemudian kepada Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat, kami mohon dengan sangat untuk dapat memberikan dukungan nyata baik dalam bentuk program maupun dukungan asistensi terkait penyusunan dokumen bagi penilaian kinerja TPID. Semoga kedepan, kinerja TPID Kota Depok akan lebih baik lagi, dalam kerangka mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” tutupnya.

Siaran Pers

Depok, Rabu, 29 September 2021

Sub Bagian Humas dan Dokumentasi

Sekretariat Daerah Kota Depok

Rokhmi Handayani Rahayu

Komentar

Berita Terkini