|

TIPS AGAR TIDAK PANIK DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

Oleh : Afni Holija Siregar

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

KKN DR KELOMPOK 35


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Senin, (10/8-2020) - Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan di Wuhan Cina , pada Desember 2019,kemudian deberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2  (SARS- COV2), dan menyebabkan  penyakit Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19). Penyakit ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara seluruh dunia.


Coronavirus  adalah  suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit kepada hewan atau manusia . Beberapa jenis corona virus diketahui dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan pada manusia mulai dari batuk, pilek hinggah  yang lebih serius seperti Minddle East Respirstory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). 

Dengan munculnya Covid- 19 di indonesia menyebabkan timbulnya rasa kepanikan dan kecemasan masyarakat yang begitu berlebihan  yang membuat menurunnya kesehatan tubuh yang akan berdampak mudahnya penyebaran covid-19. Karena jika perasaan stress ,cemas ,khawatir ,depresi , hinggah kesepian dibiarkan saja , efektifitas kekebalan tubuh akan melemah. Tubuh pun pada akhirnya akan mudah  merasakan sakit dan akan lebih mudah terinfeksi  karena sistem kekebalan tubuh melemah , dan virus dapat menular ke orang-orang disekitar kita .Oleh karena itu  mengendalikan kecemasan juga penting .

          

Kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dan ketidak mampuan  dalam mengatasi masalah atau tidak adanya rasa nyaman. Perasaan yang tidak menentu tersebut tidak menyenangkan yang nantinya akan menimbulkan atau disertai perubahan fisiologis dan pisikologis ( Kholil Lur Rochman 2010: 104).


Berikut ini ada beberapa tips agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. 


  • Pertama , jangan menangkal perasaan cemas .Dengan menyadari kecemasan dapat membantu diri  kita siap lebih baik.
  • Kedua , membatasi koneksi dengan media sosial. Sebaiknya kita jangan terlalu bergantung pada sumber informasi tentang covid-19 yang ada di media sosial, karena akan  lebih mudah menimbulkan rasa cemas. Dan  kita  juga harus bisa membedakan mana  berita yang benar dan mana yang hoax.
  • Ketiga, Tetap aktif bergerak. Dengan berolaraga  dengan melakukan olaraga yoga dapat melawan beberapa gejala rasa cemas seperti berkeringat, mual, tegang,atau pikiran yang terus menerus mengganggu.
  • Keempat , makan makanan yang seimbang  dan tidur tepat waktu. Makan makanan sehat  dan bergizi  dan menjaga pola tidur akan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stress.
  • Kelima , Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman. Walaupun melakukan isolasi dirumah kita jangan merasa sedih. Karena akan menyebabkan meningkatnya kecemasan. 


Meskipun dengan jarak jauh kita masih bisa  menghubungi kerabat ataupun teman yang jauh dengan menggunakan media sosial, dengan ini kita akan  bisa mengatasi rasa sedih kita. Dan semoga semua bisa normal kembali agar bisa bereaktivitas seperti semula lagi.(***) 


IDENTITAS PENULIS 


Nama: Afni Holija Siregar

Prodi: Bimbingan penyuluhan Islam 

Fakultas: Dakwah dan komunikasi

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

KKN DR Kelompok 35

Komentar

Berita Terkini