|

Factor-factor yang Mempengaruhi Generasi Millenials Dalam Mengunakan Mobile Banking Pada Bank Syariah

Penulis: Fachrul Rozy 

Kelompok KKN-DR 37 UIN-SU
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Minggu, (9/08-2020) - Perkembangan Teknologi informasi saat ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, dengan bermunculanya teknoogi informasi yang serba semua nya canggi akses informasi  menjadih lebih mudah dan cepat. Perkembangan  sistem teknlogi informasi tersebut otomatis akan mendorong muncul nya banyak peluang bisnis yang manfaatkan layanan nternet karena diraa lebih efisien dan efektif seta lebih mudah terutama jika dilihat dari segi penghematan waktu dan kecanduaan generasi millenials terhadap internet tersebu.Perkembnangan sistem teknologi ini pun mempengaruhi dalam dunia perbankan ,terutama bagi perbankan syaiah, yaitu munculnya Layanan Mobile Baking.

Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone) dengan mengunakan layanan Internet. Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking. Layanan Mobile Baking, memungkinkan masyaratak  terutama bagi generasi millenials untuk melakukan transaksi perbankan melalui media jaringan komputer global yaitu Internet. Mobile Banking adalah layanan yang ditawarkan perankan berupa non cash melalui sambungan internet yang dapa diakses melalui Smartphone,Laptop dan personal komputer.Salah satu golongan nasabah yang harus di perhatikan oleh pihak bank dalam penggunaan mobile banking adalah mahasiswa.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK),selaku pemimpin industri jasa keuangan diindonesia, Memberitahu bahwa jumlah nasabah e-banking ( phone banking,sms banking, internet banking dan mobile banking) Meningkat sebesar 270 % , dari 13,6 juta nasabah menjadi 50,4 juta nasabah pada tahun 2018.Data tersebut menunjukan  bahwa tren peruban menuju era digital banking sedang tejadi diindonesia terutama di Generasi Millenials . ( Otoritas Jasa Keuangan (OJK),20018) Dengan adanya Aplikasi mobile banking yang awal nya kegiatan transaksi dan laporan mutasi keuangan rekening nasabah individu yang seharusnya dilakukan dikantor bank ,maka dengan mobile anking dapat dlakukan dimana saja selama nasabah memiiki telepon seluler yang mendukung terhadap aplikasi mobile banking.Beberapa keuntungan dalam menggunakan mobile banking adalah:

1. Bisa multi transaksi keuangan
2. Hemat Biaya ( tidak dikenakan biaya sms )
3. Praktis dan mudah digunnakan
4. Transaksi menggunakan jalur internet yang kebanyakan generas milenials sudah   mempuyai nya.
Kemudahan sebagai tingkat dimana seseorang meyakini bahwa penggunaa sistem informasi bagi generas millenials adalah mudah dan sudah dimiliki generasi millenials sekarang dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakainya untuk melakukanya Bedasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa kemudahan penggunaan  ini juga nerupakan suatu kepercayaan tentang pross pengambilan keputusan .jka seseorang percaya bahwa sistem informasi tersebut mudah digunnakan maka orang tersebut aka berniat menggunakannya.

Hal inilah yang mendorong perbankan untuk mengembangkan aplikasi mobile banking untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Apalagi tren penggunaan aplikasi mobile banking di Indonesia meningkat tajam. Apalagi Indonesia akan mendapat bonus demografi dimana generasi ini sudah terbiasa akan perangkat mobile. Kemudahan penggunaan mobile banking memiliki makna bahwa layanan mobile banking oleh pihak bank akan mudah dipahami dan mudah untuk digunakan, sehingga nasabah dapat dengan mudah mempelajari tata cara bertransaksi menggunakan m-banking. Penerimaan penggunaan sebuah sistem juga turut dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan sistem tersebut. Ini merupakan reaeksi psikologis pengguna untuk lebih bersikap terbuka terhadap sesuatu yang mudah dipahami. Kemudahan tersebut dapat mendorong seseorang untuk menerima dan menggunakan sebuah sistem. Mereka beranggapan bahwa penggunaan mobile banking sekarang sudah mudah karena teknologi sudah semakin berkembang dari tahun ke tahun, mereka merasa bahwa mobile banking mudah untuk digunakan. Mudah atau tidaknya sistem mobile banking digunakan, tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan layanan mobile banking ataupun tidak menggunakan.

IDENTITAS PENULIS

Nama: Fachrul Rozy
Jurusan: Perbankan Syariah ,FEBI ,UINSU
Kelompok KKN-DR 37 UIN-SU
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini