|

TANTANGAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJARKAN SPEAKING PADA MASA PANDEMI

Oleh : Nidya Putri Jamillah Perangin Angin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Senin (10/08-2020), Sebagaimana yang telah kita ketahui, saat ini Indonesia telah dilanda wabah Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19. Virus ini berasal dari Wuhan, China sejak Agustus 2019. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak dampak dalam berbagai bidang. Beberapa hal yang terpengaruh pasca pandemi antara lain dari segi ekonomi, pendidikan, sosial, industri, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid –19, salah satunya pemerintah telah menerapkan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar). Dengan diberlakukannya PSBB pemerintah menutup semua fasilitas pendidikan baik itu sekolah maupun perkuliahan, dan belajar mengajar dilakukan secara online atau belajar dirumah (daring).

Nah, bagaimana dengan perkembangan pendidikan di Indonesia jika belajar mengajar dilakukan secara online? Maka dari itu, profesi guru sangat berperan penting dalam hal ini. Agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, seorang guru harus dituntut untuk memberikan inovasi dan kreativitas dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.

Pembelajaran Bahasa Inggris harus bisa dibuat menarik dan menyenangkan bagi siswanya. Diperlukan lebih banyak upaya dan waktu dalam persiapannya dibandingkan konvensional. Kelas online juga sangat bergantung pada koneksi internet, dan kualitas audio dan video agar materi tersampaikan dengan baik.

Tidak dipungkiri sulit bagi guru untuk dapat mengetahui kondisi nyata para muridnya dalam proses belajar mengajar jarak jauh, karena tidak adanya interaksi langsung.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru bahasa inggris, terlebih lagi dalam hal mengajarkan speaking. Meskipun belajar daring, pembelajaran bahasa inggris khususnya dalam hal speaking harus dilakukan secara tatap muka walaupun menggunakan teknologi, seperti zoom, meet, ataupun cloudX agar kemampuan bahasa Inggris tetap berjalan lancar.

IDENTITAS PENULIS

Nama     : Nidya Putri Jamillah Perangin                       Angin (0304172064)

Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Kelompok : KKN – DR 48
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar

Berita Terkini