|

KESADARAN DAN KEPEDULIAN TERHADAP WABAH COVID-19

Penulis: M. Andre, 
Prodi: Hukum Keluarga 
Fakultas: Syariah dan Ilmu Hukum 
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Rabu, (5/8-2020) - Assalamu’alaikum hai sobat Literasi pastinya udah tau kan gimana wabah virus covid 19 menghebohkan seluruh dunia? Apalagi sudah memakan korban jiwa berpuluh ribu orang, wah ngeri kan? Nah supaya kita terhindar dari virus ini, kali ini bersama saya akan kita ungkap bagaimana kesadaran dan kepedulian terhadap wabah covid 19 berikut ini.

Indonesia termasuk salah satu negara yang terinfeksi virus covid – 19, dimana penyebaran virus ini menjadi salah satu sorotan publik. Sebab, angka kasus terinfeksi virus ini setiap hari semakin bertambah setiap harinya. Menurut data pemerintah, rabu (05/5/2020) pasien positif terpapar virus corona ini menjadi 115,056, sedangkan yang dinyatakan sembuh 72,050 dan pasien yang meninggal 5,388 orang. Kurangnya kesadaran diri dari masyarakat membuat virus ini semakin hari semakin bertambahnya pasien terinfeksi setiap harinya. Kini, tiap individu dituntut untuk memiliki kesadaran diri terhadap kesehatan sendiri. Selain itu, masyarakat juga dituntut untuk memiliki tanggung jawab terhadap pencegahan penyebaran virus covid-19 ini.

Masih banyaknya masyarakat yang tidak memiliki kesadaran diri membuat virus ini semakin menambah pasien yang terinfeksi, contohnya saja masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker di tengah maraknya pandemic covid-19 ini. Bukan hanya itu, banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang diterapkan pemerintah, Dimana peraturan yang dikeluarkan pemerintah seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masih banyak yang melanggar peraturan tersebut. Makanya tidak heran membuat pandemi ini setiap hari terus mengalami peningkatan.

Meningkatkan kesadaran kemanusiaan pentingnya kesadaran kemanusiaan menjadikan Indonesia akan semakin membaik dan bisa mencegah terus berkembangnya wabah virus corona covid-19 ini. Namun kesadaran bersama diperlukan dalam menghadapi wabah ini.

Dimana kebijakan pemerintah akan berjalan lancar secara efesien apabila masyarakatnya mengikuti dan melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Oleh karena itu, pentingnya kesadaran kemanusiaan harus dilaksanakan dalam menghadapi permasalahan pandemi virus corona (covid- 19) ini. Dan dengan adanya kesadaran kemanusiaan ini akan meminimkan kasus terinfeksi virus covid 19 ini.Meningkatkan kesadaran kemanusiaan di tengah pandemi virus ini merupakan cara yang paling sederhana untuk melakukan kepada sesama. Hal ini menegaskan ungkapan bahwa hidup kita bukanlah milik kita melainkan setiap orang tidak dapat terlepas dari peranan orang lain. Sehingga apabila kita melakukan sesuatu kebaikan maka akan turut mendapatkan kebaikan seperti yang kita perbuat. Maka dari itu kesadaran merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai virus corona ini.

Kesadaran apa saja yang harus dilakukan kesadaran yang diperlukan agar kita bisa memerangi virus corona (covid-19) ini bisa dilakukan dengan mudah dan berguna bagi masyarakat banyak, yaitu: kita bisa melakukan dan mengikuti aturan yang dianjurkan pemerintah terhadap masyarakat untuk memutus mata rantai virus ini, baik itu dengan berdiam diri dirumah dan menerapkan pola hidup sehat. Kita sebagai masyarakat harus menghargai usaha yang diterapkan oleh pemerintah dengan tidak keluar rumah dan kita harus mengikuti anjuran yang diberikan oleh para tenaga medis, karena mereka adalah pahlawan pada saat sekarang ini. Semua upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan tenaga medis kita tidak akan berarti jika masyarakat tidak mendukung upaya tersebut. Dimana sebagai warga masyarakat yang baik kita hanya jangan bisa mengkritik saja tetapi kita juga harus bisa menginstropeksi diri kita sendiri.

Kita harus meningkatkan kesadaran dan rasa kepedulian ditengah wabah virus yang dialami oleh Indonesia sekarang ini. Karena sesungguhnya bukan hanya kita sendiri yang hidup di dunia ini tetapi masih banyak juga jutaan manusia yang ingin hidup didunia ini. Sehingga kita tidak boleh bersikap egois. Oleh karena itu, meredam keinginan atau kemauan kita pribadi membuat kita terhindar dan tercegah dari virus ini. Dan mari bersama-sama membantu pemerintah, tenaga medis dan masyarakat banyak dalam melawan virus ini dengan meningkatkan rasa kepedulian kita sebagai manusia yang berguna untuk masyarakat banyak. Pentingnya kesadaran antar manusia untuk mencegah perkembangan virus corona kesadaran antar manusia untuk mencegah perkembangan virus corona (covid-19) ini merupakan proses dimana seseorang untuk memahami dan mengerti akan situasi yang sedang terjadi ditengah pandemi ini.

Keadaan yang terjadi sekarang ini akan menjadikan individu itu sendiri sadar dan paham dengan apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi kepada jika kita tidak mempunyai kesadaran diri yang tinggi sesama manusia.

Kesadaran diri ini merupakan proses mengenali kepribadian kita melalui faktor-faktor tersebut atas penilaian, keputusan kita terhadap orang lain. Seperti halnya ditengah pandemi virus ini kita harus bisa lebih sadar dan meningkatkan kesadaran kita antar sesama manusia agar penyebaran virus corona ini dan kita memutus mata rantai virus ini. Maka dari itu untuk menjadi pribadi yang baik dan dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap sesama, kita harus bisa membatasi diri kita untuk keluar rumah dan kita juga harus mempunyai rasa peduli sesama agar kita bisa memutus virus corona (covid-19) ini untuk memulihkan kembali dunia kita yang sedang sakit ini, dan kita merupakan obat dari virus ini. Karena jika kita tidak sadar dan peduli dengan orang lain, maka kita tidak akan bisa melawan virus ini.

IDENTITAS PENULIS 

Penulis: M. Andre, 
Prodi: Hukum Keluarga 
Fakultas: Syariah dan Ilmu Hukum 
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan
Komentar

Berita Terkini