|

Faktor Terjadinya Perubahan Sosial Pada Masyarakat

Penulis: Anggi Dwi Patma
Intansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)
Fakultas: Tarbiyah dan Keguruan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Peserta KKN-DR Kelompok 68

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Rabu, (5/8-2020) - Setiap manusia pasti pernah memikirkan tentang perubahan yang terjadi didalam kehidupannya. Dan tentunya di dalam kehidupan sehari-hari biasa kita banyak mengalami perubahan tersebut tanpa kita sadari. Akan tetapi bila dipikirkan lebih dalam pasti setiap manusia akan membandingkan kehidupannya yang sekarang dengan kehidupannya yang dahulu yang pastinya akan banyaknya mengalami perubahan yang baik atau tidaknya.

Nah demikian juga dengan kehidupan yang dialami oleh lingkungan masyarakat. Di dalam masyarakat yang berisi dengan kumpulan manusia-manusia tentu akan mengalami perubahan sosial, itulah yang menandakan adanya kehidupan di dalam suatu masyarakat yang berlangsung dengan cepat atau lambatnya. Dan tentunya banyak perubahan sosial yang memberikan dampak yang baik dan buruk bagi masyarakat. Tergantung bagaimana masyarakat itu menganggapinya dan menurut mereka dapat merubah diri mereka untuk lebih baik dan berguna.

Menurut (Asep Saeful Muhtadi 2016) perubahan sosial adalah “perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat mencakup perubahan pada normal sosial, nilai sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, susunan kekuasaan, dan wewenang”. Jadi perubahan sosial juga termasuk suatu cara yang merubah seseorang atau sekelompok orang untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi di kemudian hari selagi manusia itu hidup dan berkativitas maka perubahan sosial itu akan terjadi. Dan setiap manusia harus dapat berinteraksi dan bersosialisasi dilingkungannga agar mereka paham dan sadar akan perbedaan yang ada dilingkungan masyarakat tersebut.

Apakah perubahan sosial itu terjadi dengan sendirinya? Tentu saja tidak dalam kehidupan kita sehari-hari kita lihat adanya faktor pendorong yaitu saat kita berinteraksi dengan kebudayaan, lain yaitu akan bertambahnya pengetahuan kita tentang kebudayaan lain tersebut, adanya perubahan mode pakaian yang begitu cepat dan adanya faktor yang tidak diduga seperti bencana alam atau hadirnya kebudayaan-kebudayaan baru yang tidak bisa ditereima dengan baik oleh para masyarakat sekitar. Nah dari penjelasan tersebut sudah kita lihat adanya perubahan sosial yang memiliki faktor pendorong dan faktor penghambat di dalam kehidupan bermasyarakat yaitu sebagai berikut:

Faktor Pendorong; di dalam faktor pendorong ini terdapat proses perubahan sosial yaitu faktor Internal  dan faktor Eksternal.

A. Faktor Internal yaitu perubahan sosial yang terjadi karena faktor yang berlangsung dalam masyarakat itu sendiri. Faktor-faktor tersebut yaitu:

1. Bertambah atau berkurangnya penduduk ; Pertambahan dan berkurangnya penduduk di masyarakat menimbulkan perubahan sosial yang sangat cepat. Dengan adanya pertambahan penduduk yang sangat cepat akan berdampak pada perubahan struktur masyarakatnya. Begitu juga dengan berkurangnya penduduk akan mengurangi beberapa sistem yang ada dilingkungan masyarakat.

2. Penemuan-penemuan baru ; Adanya penemuan-penemuan baru dapat berdampak pada perubahan sosial di masyarakat misalnya tentang penemuan baru dalam berinteraksi jarak jauh, pendidikan yang sudah canggil, serta teknologi yang sudah maju yang nantinya penmeuan-penemuan baru ini dapat dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari dan berguna bagi masyarakat sekitar.

3. Konflik di dalam masyarakat ; Adanya konflik di dalam masyarakat ini nantinya akan menyebabkan perubahan sosial itu terjadi. Misalnya perbedaan pendapat di suatu kelompok desa yang mengakibatkan perdebatan salah satu pihak karena tidak slaing memahami mengenai informasi yang telah dijelaskan oleh masing-masing pihak.
Terjadinya pemberontakan dan revolusi ;

4. Adanya revolusi atau pemberontakan dalam suatu daerah akan menimbulkan perubahan sosial tersebut. Dengan adanya revolusi ini akan menimulkan kekuatan-kekuatan baru di lingkungan masyarakat yang menyebabkan akan majunya masyarakat tersebut.

B. Faktor Eksternal ialah faktor yang terjadi dari luar masyarakat. Faktor-faktor tersebut ialah:

1. Lingkungan fisik yang ada disekitar manusia ; contohnya ialah faktor yang tidak dikendaki yaitu terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor, gempa, gunung meletus dan lainnya yang mengakibat masyarakat tersebut harus meninggalkan tempat tinggal mereka dan berpindah ke lingkungan yang lain dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang mereka tempati.

2. Peperangan ; misalnya peperangan yang diakibatkan oleh 2 daerah yang mempunyai konflik yang sangat besar yang menyebabkan suatu permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dan harus mengalah salah satu kelompok inilah yang menyebabkan perubahan sosial itu terjadi.

3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain; pengaruh kebudayaan lain akan masuk dan mengakibatkan perubahan sosial itu terjadi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dan nantinya masing-masing negara harus menyaring kebudayaan yang masuk dengan mengambil sisi positifnya dan membuang sisi negatifnnya dan menghargai harus menghargai dan menerima kebudayaan lain dengan baik walaupun beberapa pihak tidak dapat menerimanya.

Faktor Penghambat yang terjadi di perubahan sosial masyarakat yaitu sebagai berikut:

1. Kehidupan terpencil dalam suatu masyarakat yang menyebabkan mereka tidak mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi, hal tersebut membuat pola pikir mereka menjadi masyarakat yang terbelakang.

2. Masyarakat panatisme ialah masyrakat yang menggangap bahwa kebudayaannya yang lebih baik dari kebudayaan yang lain dan menganggap kebudayaanyalah yang paling benar dan baik.

3. Sangat lambatnya ilmu pengetahuan yang di dapati oleh masyarakat.

4. Sikap masyarakat yang terlalu kental terhadap tradisinya sendiri dan tidak berpengaruh terhadap kebudayaan yang lain.

5. Berprasangka buruk terhadap penemuan-penemuan yang baru hadir dilingkungan masyarakat.

IDENTITAS PENULIS 

Nama: Anggi Dwi Patma
Intansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)
Fakultas: Tarbiyah dan Keguruan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Peserta KKN-DR Kelompok 68
Komentar

Berita Terkini