|

Koramil 15/Habinsaran Dampingi kelompok Tani! Tanam Jajar legowo Hingga Ikut Panen

■Dampingi kelompok Tani! Koramil 15/Habinsaran Ikut Panen Padi.

Laporan : Amran Sianipar 

Ket gambar: Babinsa koramil 15/Habinsaran, panen padi di sawah ketua kelompok tani Rimnitahi

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN|HABORNAS 13|06|2019.Pendampingan kelompok tani yang dilakukan oleh Koramil 15/Habinsaran bersama PPL turut serta membantu panen padi di sawah milik Doharman Siagian, yang disebut kelompok tani Rimnitahi.

Kelompok tani tersebut, di dampingi Koramil 15/Habinsaran, mulai dari penanaman, hingga panen yang disebut sistem tanam Jajar legowo.

Sawah seluas 1 ha milik Doharman Siagian ini, bertempat di Saba Huala, Dusun Gonting, Kelurqhan Parsoburan Tengah, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir. Kamis 13/06/2019.

Berikut ini videonya:
Panen bersama yang dilakukan Koramil 15/Habinsaran dan PPL Kecamatan Habinsaran.

Di samping tugas pokok Babinsa yang sering turun ke Desa Desa, Babinsa Koramil 15/Habinsaran sering turut serta mendampingi kelompok Tani yang ada di daerah binaan  koramil 15/Habinsaran.

Mereka sering juga ber koordinasi dengan Badan Penyuluhan Kecamatan atau  BPK dan PPL untuk meningkat kan Swasembada Pangan bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Habornas ini.

Sebagai Babinsa koramil 15 Habinsaran, Kami selalu turun ke Desa, dan kami turut serta juga mendampingi para kelompok Tani yang ada di daerah jajaran koramil 15/Habinsaran, salah satu contoh, membantu kelompok tani Rimnitahi memanen padi di sawah Doharman Siagian, Tutur Serka H Tampubolon.

Hal ini Juga di benarkan Ketua Kelompok Tani yang merupakan pemilik lahan sawah tersebut.

Selain ikut panen, Para Babinsa koramil 15/Habinsaran juga ikut serta menanam padi ini sebelum nya.pungkas Doharman Siagian.

Selain itu,Komandan Koramil 15/Habinsaran, Kapten Kav Suharsono menegas kan, dia selalu mengarah kan dan  memerintah kan kepada Babinsanya agar terus melakukan penyuluhan ke pihak pihak  Koptan yang ada di daerah jajaran Koramil 15/ Habinsaran.

Dengan sistem Tanam Jajar legowo tersebut, petani di Habinsaran bisa menambah pendapatan hasil pertanian, seperti contoh bapak Doharman Siagian yang menerapkan sistem tanam jajar legowo dengan luas lahan 1 hektar, dia bisa mendapatkan hasil panen kurang lebih 7 ton.

Kami akan selalu menganjurkan kepada masyarakat Habinsaran agar melakukan sistem tanam jajar legowo. Tutur Kap Kav Suharsono. (Amran Sianipar)

Editor Berita Yuni shara Pasaribu 
Penanggung Jawab Berita Obor Panjaitan 

■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN 
Komentar

Berita Terkini