HEADLINE

Tradisi Pamer Rudal Militer KORUT Nihil , Memicu Pujian Presiden Trump

/

Redaksi / Senin, 10 September 2018 / 14:30 WIB

Sebarkan:

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) melambaikan tangan di samping Ketua Parlemen Tiongkok Li Zhanshu selama perayaan 'Mass Games' di stadion May Day, Pyongyang, 9 September 2018. ( Foto: AFP )

“Terima kasih untuk Pemimpin Kim. Kita berdua akan membuktikan bahwa semua orang keliru!"

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | PYONGYANG | [ Senin, 10 September 2018 ] Korea Utara menggelar parade militer hari Minggu (9/9) tanpa memamerkan rudal jarak jauhnya, tetapi fokus pada senjata konvensional, perdamaian, dan pembangunan ekonomi ketika memeringati hari jadinya yang ke-70.

Parade yang tidak segarang seperti tahun-tahun sebelumnya itu memicu pujian dari Presiden AS Donald Trump, yang menyebutnya sebagai “sikap besar dan sangat positif dari Korea Utara.”
Lewat Twitter, Trump mengutip narasi Fox News tentang parade tanpa rudal itu sebagai sinyal komitmen Korea Utara untuk melakukan pelucutan senjata nuklir.
“Terima kasih untuk Pemimpin Kim. Kita berdua akan membuktikan bahwa semua orang keliru! Tidak ada yang bisa menyamai dialog bagus antara dua orang yang saling menyukai! Jauh lebih baik daripada sebelum saya menjabat,” tulis Trump.

Di Pyongyang, barisan tentara dan tank menghentak tanah sebelum mereka memberi jalan untuk rombongan massa yang melambaikan bendera dan bunga saat melintas di depan panggung di mana Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un duduk bersama ketua parlemen Tiongkok dan sejumlah undangan dari luar negeri lainnya.

Menurut televisi Tiongkok, Kim menyampaikan kepada Ketua Parlemen Tiongkok Li Zhanshu bahwa Korea Utara sekarang fokus pada pembangunan ekonomi dan berharap bisa belajar dari Tiongkok tentang hal tersebut.
“Korea Utara memegang teguh konsensus dari pertemuan di Singapura antara para pemimpin Korea Utara dan Amerika Serikat, dan telah mengambil langkah untuk mewujudkan itu dan berharap Amerika Serikat akan melakukan hal serupa, untuk bersama mengedepankan proses penyelesaian politik bagi masalah di Semenanjung (Korea),” ucap Kim seperti dikutip media tersebut.

Parade tersebut mengusung tema keberhasilan militer, pembangunan nasional, dan kerjasama internasional. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada rudal antar benua yang dipamerkan. Juga tidak ada uji coba nuklir seperti dalam dua perayaan sebelumnya.
Sumber: Reuters

Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan


Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI