HEADLINE

Fakta! Runtuhnya Dinasti Politik Ketua MPR RI Zulkifli Hasan Ketika Adiknya Di OTT

/

Redaksi / Jumat, 27 Juli 2018 / 21:33 WIB

Sebarkan:

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN| Jakarta|KPK melakukan OTT terhadap Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan. Ia merupakan adik kandung Ketua MPR Zulkifli Hasan. Saudara lainnya, Hazizi Hasan dan Helmi Hasan juga politisi PAN.
Berdasarkan catatan Jumat (27/7/2018), keluarga Hasan moncer di jalur politik. Zulkifli Hasan merupakan Ketum PAN dan kini Ketua MPR 2014-2019.
Adiknya, Hazizi Hasan juga duduk di kursi DPRD Lampung. Hazizi juga dari PAN.
Ada juga nama Helmi Hasan. Wali Kota Bengkulu ini baru saja kembali terpilih untuk periode kedua 2018-2024. Sebagai incumben, tidak sulit bagi politikus PAN itu untuk mendapatkan suara dan mulus kembali meraih kursi Wali Kota.
"Saya yakin kalau Allah menghendaki saya bisa terpilih kembali, karena warga Bengkulu akan memilih pemimpin yang dekat dan mengerti mereka," ujar Helmi beberapa waktu lalu.
Bagaimana dengan Zainudin Hasan? Ia saat ini merupakan Ketua DPW PAN Lampung. Saat ini, Zainudin juga menjadi Bupati Lampung Selatan. Tapi Apa nyana, dinasti politik Zulkifli Hasan kini tersandung KPK. Zainudin kena OTT KPK.
"Betul," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi apakah yang ditangkap adalah adik Ketua MPR, Zulkiflli Hasan, Jumat (27/7/2018).
KPK mengamankan Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan dan 6 orang lainnya dalam OTT. Kementerian Dalam Negeri meminta Zainudin diproses sesuai aturan yang berlaku.
"Silakan diproses sesuai hukum. Siapa pun, kapan pun dan di mana pun, Mendagri mendukung sepenuhnya segala bentuk pencegahan dan penindakan yang dilakukan oleh KPK dan aparat penegakan hukum terhadap kasus-kasus korupsi dengan segala motif, jenis dan variannya," ujar Kapuspen Kemendagri Bahtiar saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/7/2018).
Saat ini, Zainudin dan 6 orang lainnya masih diperiksa di Polda Lampung dan belum dibawa ke Gedung KPK Jakarta. Kemendagri masih menunggu penetapan status hukum terhadap Zainudin sebelum menunjuk Plt Bupati Lampung Selatan.
Jika kepala daerah ditahan, maka otomatis wakil kepala daerah sebagai Pelaksana tugas kepala daerah sesuai pasal 65 dan pasal 66 UU 23 tahun 2014 tentang Pemda. Dan dijamin dipastikan sistem penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya," tutur Bahtiar.
Ada duit Rp 700 juta yang ikut diamankan dari OTT terhadap adik Ketua MPR Zulkifli Hasan ini. Diduga terkait proyek infrastruktur.
"Tim mengamankan uang Rp 700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Diduga terkait dengan proyek infrastruktur," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.
Basaria tak menjelaskan kapan para pihak yang diamankan itu dibawa ke Gedung KPK, Jakarta. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status para pihak yang diamankan.

Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI