HEADLINE

Inovasi Pelalawan Sehat Melalui Puskesmas Teluk Meranti Di ikutsertakan di Tingkat Nasional Prov Riau

/

Redaksi / Rabu, 02 Mei 2018 / 16:56 WIB

Sebarkan:
Ket Gambar : Karena Sulitnya Kenderaan Mobil Petugas Pukesmas Sridaya Sedang  Menaiki Sepeda Motor Pakai Boks Isi Obat-Obatan.

Pelalawan Riau | Media Nasional Obor Keadilan | Bupati Harris melalui tangan dinginnya dengan  7 program strategis salah satunya pelalawan sehat menoreh prestasi di tingkat propinsi riau yaitu  inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui  Puskesmas Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan  dengan pelayanan posko penyakit Tubercolosis atau dulu dikenal dengan  TB atau TBC  berjalan mendatangi pasien dengan mengunakan sepeda motor. Hal demikian di sampaikan  oleh Bupati H.M Harris diruang kerjanya kantor bupati pelalawan  saat diwawancarai oleh salah satu media nasional di pangkalan kerinci. Senin (30/04).

Bupati Pelalawan dua periode ini mengatakan bahwa puskesmas teluk meranti berada  paling ujung  dari Kabupaten Pelalawan. Transportasi warga di sana, selain menggunakan jalur darat, menggunakan jalur sungai. Salah satu tenaga kesehatan puskesmas teluk meranti yaitu Sri Dayati berkeliling jemput bola khusus menangani pasien penyakit tuberkulosis (TB) atau dulu dikenal sebagai TBC. Inovasinya membuat posko TB berjalan mendatangi pasien dan  meraih penghargaan di tingkat provinsi.

 “ Alhamdulillah Puskesmas Teluk Meranti meraih penghargaan dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau dalam inovasi penanganan pasien TB”. Ujar Bupati.

Mantan Ketua Adkasi ini juga berujar bahwa masyarakat kita yang menderita penyakit tubercolosis enggan untuk memeriksakan kesehatan kepada petugas kesehatannya, mereka lebih cenderung untuk berobat secara alternative sehingga petugas puskesmas kita ini memegang program penanganan pasien TB. Tapi petugas kita tidak menunggu di puskesmas, melainkan jemput bola ke kampung-kampung dengan sepeda motor untuk penanganan pasien TB," kata Harris.

Hal yang dilakukan cukup unik dengan bagian belakang sepeda motor yang digunakan Sridayati dipasangi boks. Di dalam boks yang berbentuk bak jualan es krim itu, ada obat-obatan serta data administrasi.

Kemudian petugas kesehatan mendatangi setiap rumah warga, terutama yang menderita  batuk tak kunjung sembuh selanjutnya Sridayati akan mengecek dahak pasien. Dari sana akan diberikan obat-obatan. Nantinya akan cek kembali apakah pasien tersebut terkena TB atau tidak. 

"Kita sangat mengapresiasi kerja tenaga puskesmas di Teluk Meranti ini. Insyaallah inovasi penanganan pasien TB ini akan kita ikut sertakan dalam inovasi tingkat nasional," kata Harris. (M. Panjaitan)

Penanggung Jawab : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI