HEADLINE

Fadli Zon Tinjau Lokasi Longsor di Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

/

Redaksi / Kamis, 08 Februari 2018 / 08:56 WIB

Sebarkan:
Ket gambar : Wakil Ketua DPR RI,  Fadli Zon, meninjau lokasi longsor di kawasan puncak Bogor. 


Bogor -- Media Nasional Obor Keadilan,  Wakil Ketua DPR RI,  Fadli Zon, meninjau lokasi longsor di kawasan puncak Bogor. Hujan deras yang terjadi pada waktu belakangan ini telah menyebabkan bencana tanah longsor di beberapa titik di Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Akibatnya jalur jalan nasional mulai dari Cisarua Bogor menuju arah Puncak untuk sementara waktu ditutup, agar dapat dilakukan upaya evakuasi terhadap korban dan pembersihan jalur dari longsoran tanah yang terjadi.

Sebelumnya, Kapolres Bogor, AKBP A.M Dicky mengatakan bahwa empat orang di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor ditemukan tewas setelah tertimbun longsor. Jumlah korban yang ditemukan tewas akibat bencana longsor di wilayah Kabupaten Bogor kemarin Senin (5/2/2018) kini telah mencapai lima orang. Jumlah tersebut merupakan korban longsor di kawasan Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Sebelumnya di kawasan Puncak Bogor ditemukan satu korban tewas dan kini ditambah empat korban tewas di Cijeruk.

Untuk mengetahui situasi dan kondisi di lapangan atas peristiwa tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melakukan tinjauan secara langsung ke beberapa titik longsor, yakni di daerah Gunung Mas dan daerah Riung Gunung, kawasan Puncak, Jawa Barat. Dilokasi bencana, Fadli berkomunikasi dengan pihak-pihak berwenang untuk mendapatkan informasi terkini tentang sejauh mana upaya yang telah dilakukan dalam menangani musibah tanah longsor itu baik terkait korban maupun kondisi jalan.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam upaya penanganan bencana tanah longsor di Kawasan Puncak ini, baik dari Kepolisian, Kementerian PUPR, Basarnas, BPBD, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam penangan bencana, " ucap Fadli di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/2/2018).

Fadli meminta agar masyarakat dan para pihak tetap waspada, mengingat kondisi cuaca yang terjadi di sekitar wilayah cukup ekstrim, karena kabut tebal dan hujan deras juga masih terus turun. Selain itu badan jalan juga dilapisi tanah merah hingga aspal menjadi semakin licin dan berbahaya untuk dilalui kendaraan.

"Kebijakan sementara menutup jalur jalan Puncak oleh pihak Kepolisian menjadi langkah yang tepat, yakni agar dapat memudahkan bagi aparat berwenang melakukan upaya penanganan yang harus dilakukan" ucapnya.

Fadli Zon juga mengingatkan agar rencana pembangunan jalur jalan Puncak II dapat dipercepat realisasinya, sebagai jalur alternatif bagi pengguna jalan. Kalau jalur Puncak II sudah bisa dilalui, beban jalan tak akan sebanyak sekarang. Mereka yang hendak ke Cipanas atau Cianjur bisa lewat jalur ini.

Kawasan Puncak yang berbukit memang menjadi destinasi wisata favorit sejak dulu. Pemandangan yang indah, udara yang dingin dan bersih juga wisata kuliner banyak dijumpai. Selain itu jaraknya dekat dari Jakarta. Namun kemacetan jalan di daerah ini menjadi fenomena sehari-hari (zheepe)

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI