|

WAKIL BUPATI TINJAU LANGSUNG BENCANA LONGSOR di MATIO KECAMATAN BALIGE

Ket gambar; Wakil Bupati Tonny Simanjuntak Didampingi Kabid Pengairan Dan Kadus satu dan dua Matio,Tinjau Lokasi Tanah Longsor Di Desa Matio Balige/ Doc; Oborkeadilan.com

Oborkeadilan.com, Balige|Jumat (13-08-2021)
, Bencana alam tanah longsor yang terjadi pada Selasa (9/8) malam lalu di desa Matio kecamatan Balige telah mengakibatkan rusaknya dua saluran irigasi dengan sekaligus.

Saluran irigasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani di puluhan desa dan mengairi sawah ratusan hektar itu yakni saluran irigasi Daerah Irigasi (DI) Bondar Juda dan di sileak banua.

Bencana ini sendiri telah membuat tanggul beton bondar juda terputus terbawa tanah longsor sepanjang puluhan meter dan telah menimpa dan menimbun puluhan meter saluran irigasi Sileak Banua yang persis berada dibawahnya, akibatnya dua saluran irigasi ini total tidak dapat berfungsi.

Kepala desa Matio Rabin Panjaitan mengakui tidak lama setelah kejadian, pihaknya telah melaporkan kejadian tanah longsor ini ke dinas pekerjaan umum (PU) bidang pengairan dan kepada Pemerintah Kabupaten Toba melalui wakil bupati Tonny Simanjuntak.

Pengamatan oborkeadilan dilapangan, Setelah kemarin lokasi bencana ini ditinjau langsung oleh Kepala bidang pengairan Piter Pangaribuan, Hari ini sekira pukul dua siang, Wakil Bupati Kabupaten Toba, juga turun langsung ke lokasi bencana didampingi Kabid Pengairan Piter Pangaribuan, Kepala dusun satu dan kepala dusun dua desa Matio.

Wakil Bupati Tonny Simanjuntak mengatakan kepada warga bahwa dirinya telah memerintahkan jajaran pada instansi terkait untuk segera menurunkan alat berat excavator dan menyediakan karung plastik untuk keperluan perbaikan dua saluran irigasi ini.

"Saya telah perintahkan pihak terkait untuk sesegera mungkin menurunkan alat berat dan menyediakan karung plastik agar saluran Bondar ini segera diperbaiki.Nanti kalau alat berat sudah ada dilokasi ini,tolong beritahu saya,Mungkin besok atau Minggu, alat nya sudah turun,Karena ini perlu penanganan cepat,sebab kondisi sawah petani yang saat ini sedang dalam masa tanam padi sangat memerlukan air".tegas Wabup Tonny kepada Kepala dusun Desa Matio yang mendampinginya.(Vendi/Seblon)


Komentar

Berita Terkini