|

Perjelas Mengenai Konservasi Air Umbulan, FORMAT Adakan Klarifikasi Ke Pihak PT.Tirta Investama

Ket gambar: pertemuan beberapa pegiat nasional government organisation (NGO) bersama pihak PT.Tirta Investama di jalan raya Winongan kabupaten Pasuruan saat klarifikasi program konservasi yang telah dilakukan. 

OBORKEADILAN.COM| Pasuruan| (02/10/19) Beredarnya issue-issue yang menyebut adanya tumpang tindih antara program pemerintah dengan program konservasi lingkungan dari PT.Tirta Investama, selaku produsen air minum Aqua. Forum rembug masyarakat timur adakan klarifikasi langsung dalam bentuk hearing dan audiensi langsung pada pihak perusahaan.

Audiensi yang di ikuti sekitar 12 orang dan dilakukan sekitar jam 09.00 wib dilokasi rapat PT.Tirta Investama berlangsung gayeng. Hari selaku Humas perusahaan yang didampingi beberapa staf fungsional menyatakan terima kasihnya pada para pegiat lingkungan yang bisa langsung melakukan hearing untuk saling tukar informasi serta mencari solusi terhadap hal hal yang menjadi isu-isu dimasyarakat terkait keberadaan perusahaan air minum Aqua dijalan Winongan desa mendalan kecamatan Winongan kabupaten Pasuruan.

Pihak PT.Tirta Investama menjelaskan banyak hal yang sudah dilakukan pihaknya sebagai bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat, antara lain konservasi lingkungan dengan penanaman kembali pohon di daerah rawan air, kerjasama dengan pihak dinas terkait mengurangi dampak kekeringan dibeberapa desa serta memperbaiki beberapa akses jalan yang rusak dan membangun beberapa sarana publik seperti pembangunan jamban warga.

"Saya berharap dengan pertemuan seperti ini kita sama-sama selalu melihat ke depan demi mencapai titik temu dan solusi yang bisa diterima semua pihak, jelasnya. Hari mengakui bahwa proses produksi setiap perusahaan pasti ada efek yang ditimbulkannya. Namun jika disikapi dengan Arif dan bijak, apapun persoalan yang ada pasti akan bisa dicarikan solusi untuk bisa di terima dan dirasakan bersama.

Sementara pada audiensi kali ini Ismail Makki, ketua LSM.Format, meminta kejelasan pihak  PT.Tirta investama secara terbuka tentang program-program konservasi yang sudah dilakukan, mengingat eksploitasi sumber daya air yang dilakukan selama pasti membawa beberapa efek bagi masyarakat sekitar antaranya, dapat mengurangi debit pada resapan air sumur warga sekitar perusahaan, mengakibatkan penurunan permukaan tanah, ataupun dapat merubah kondisi kadar air .

Makky menambahkan apa yang dilakukannya saat ini merupakan keterpanggilan moral demi menjaga lingkungan hidup, sumber mata air salah satunya. "bukan hanya air minum Aqua yang kami sorot namun beberapa perusahaan air minum lainya seperti Santri juga sama kami perhatikan, mengingat keberadaanya juga sangat dekat dengan sumber mata air di desa Umbulan yang nota Bene juga akan disedot pemerintah pusat sebagai salah satu program nasional untuk pemenuhan kebutuhan air bagi beberapa kota besar seperti Surabaya dan sekitarnya. Tegasnya.

Pada Akhir pertemuan pihak Perusahaan sangat berharap ada kerjasama yang saling menguntungkan dengan cara sama-sama berpikir solutif dan konstruktif sehingga bisa bekerja bagi kebaikan masyarakat meski dengan tugas pokok serta fungsi masing-masing yang berbeda. "kami sangat terbuka dengan kritik dan saran dari saudara sekalian, mari kita sama-sama saling membantu tentunya demi mencari solusi terbaik sesuai tupoksi masing-masing. Terang Hari selaku Humas PT.Tirta Investama di akhir pertemuan.

Reporter: Zainal Arifin 
Editor: Redaktur
Penanggung Jawab Berita: Obor Panjaitan 
Komentar


Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini