|

Dana Silpa 2019 Desa Triwung Baru Terlaksana Membangun MCK Pasar, Pj. Kades Nyatakan Baru Mulai Penataan Administrasi Desa

Ket gambar: Papan pengumuman Rehab MCK Pasar desa Trewung kecamatan Grati kabupaten Pasuruan.

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Pasuruan | (14/09-2020) - Di masa transisi pandemi covid 19 pasar desa trewung kecamatan Grati kabupaten Pasuruan tampak tak terlalu berpengaruh pada aktivitas pasar desa Triwung, hal ini sebagaimana terlihat aktivitas jual beli di pasar tersebut selalu padat tiap harinya.

Selain aktivitas jual beli yang di dominasi warga sekitar, tampak di dalam pasar juga terdapat kegiatan pembangunan MCK (mandi, cuci, kakus) pasar, yang terletak di area dalam pasar.

Dari papan informasi diketahui bahwa pembangunan MCK tersebut berasal dari BKK (bantuan keuangan kabupaten). Sementara untuk melihat sumber dana dalam pelaksanaan program pembangunanya, Media Nasional obor keadilan mendatangi Hilman Pandu vefa Dewana, PJ.kepala desa trewung dikantornya yang juga menjabat sebagai sekretaris kelurahan Grati Tunon kecamatan Grati.

"Pembangunan MCK pasar itu merupakan bantuan keuangan dari kabupaten mas,dari Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa tahun 2019 lalu, namun karena pencairanya bulan Desember Ahir, maka di SILPA kan (sisa lebih penggunaan anggaran, red) dan dimasukan APBDesa (anggaran pendapatan dan belanja desa) tahun 2020 sehingga baru dilaksanakan sekarang ini. jelas pria yang tampak selalu rapi ini menjelaskan.

Dikonfirmasi terkait PAD (Pendapatan asli desa) dari pasar pada pemerintahan desa selama ini, kembali Pandu Menyatakan bahwa dirinya tidak tahu menahu PAD pasar trewung selama ini berapa dan digunakan untuk apa saja. "saya baru menjabat bulan Juni tahun 2020 kemaren mas, dan baru kita benahi administrasi desanya, termasuk Peraturan desa tentang PAD dari pasar desa. jelasnya.

Ketika di desak nilai PAD selama ini yang tercatat dalam APBDesa, kembali dirinya menyatakan tidak tahu menahu. "tidak tahu ya, tapi kalau dilihat dari data di APBDesa yang saya ketahui sewaktu awal menjabat, tidak tertulis berapa nilai PAD dari pasar desa yang masuk. ujarnya.

Reporter         : Zainal
Editor              : Yuni Shara
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini