|

Peran Guru BK Terhadap Siswa Agar Terhindar Dari Penyebaran Covid-19

Penulis: Nilpa Amelia Batu Bara
Jurusan: Bimbingan Konseling Islam
Peserta: KKN KELOMPOK 107
Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Rabu, (5/8-2020) - Sesuai Intruksi Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diimbau agar seluruh warga Negara Indonesia melaksanakan  kegiatannya mulai dari bekerja, belajar, dan beribadah dirumah. Diharapkan agar semua tidak panik, tetap waspada dan produktip dalam menjalankannya. Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), kegiatan pembelajaran siswa diarahkan dalam bentuk pembelajaran secara daring ini pada dasarnya sangat beragam, antara lain dapat dilaksanakan malalui google clasroom, zoom, dan lain-lain sebagainya.

Fenomena ini benar-benar menjadi tantangan baru, baik bagi guru, siswa maupun orang tua dari segi guru di tuntut untuk bagaimana menerapkan strategi pembelajaran dengan mengoptimalkan aplikasi belajar online tersebut, sedangkan dari segi siswa di tuntut bagaimana agar bisa beradaptasi dengan pembelajaran sistem daring yang benar-benar baru bagi mereka. Sedangkan dari segi dari orang tua adalah bagaimana agar orang tua sanggup memfasilitasi sarana prasarana dalam pembelajaran daring di rumah dan menciptakan iklim di rumah yang mendukung belajar enak.

Dalam pembelajaran daring, siswa harus memiliki tanggung jawab personal dalam belajar, menyelesaikan tugas-tugas melalui daring dan mengoptimalkan gadget yang dimiliki sebagai self regulated learning. Self regualated learing dapat di artikan sebagai dorongan bagi individu untuk mengelola pembelajarannya sendiri, bagaimana ia dapat memanajemen waktu di rumah, mengatasi hambatan belajar daringnya dan menyelesaikan tugasnya pada waktunya, namun tidak semua siwa memiliki self regualted learing yang baik.

 Disinilah peran Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam membantu mengatasi masalah-masalah siswa selama pembelajaran daring. Bimbingan dan konseling di kenal memiliki sensivitasi yang tinggi atas apa yang terjadi di sekitar dan selalu update informasi, dimasa krisis BK berperan mengedukasi siswa agar terhindar dari ancaman virus menular Covid-19. BK bukanlah personil terdepan dalam hal medis tapi BK mempunyai andil yang sangat penting. Bekerja di balik layar proaktif yang memberikan edukasi skill pada siswa untuk partisipasi dalam aksi pencegahan Covid-19 dengan beraktifitas di rumah.

Adapun peran guru Bimbingan Konseling (BK)  di masa pandemi Covid- 19 antara lain yaitu:  

1. Mengedukasi siswa dengan layanan

Informasi penting bagi guru untuk mengkradikasi dan mendesain.

2. Membantu Membuat Panduan Regulasi Diri.

Menurut Bandara regulasi diri merupakan kemampuan invidu untuk mempertahankan komitmennya terhadap suatu tujuan selama periode waktu tertentu khususnya pada saat tidak ada insentif yang berasal dari luar dirinya .kemudian evaluasi apa yang di kerjakannya dengan harapan yang di inginkan dan beri penilaian terhadap hasilnya.

3. Memberikan Layanan Konseling Secara Online 

Layanan yang mutlak di lakukan oleh guru Bimbingan Konseling ketika ada yang membutuhkan bantuan untuk menemukan jalan keluar  masalahnya.

4. Membantu Mengembangkan life skill di masa krisis 

Sebagai konselor cukup peka memberikan langkah kurator dan konkrit dan menyiapkan siswa secara preventif agar mampu mengantisipasi krisis lainnya.

5. Memotivasi Memiliki Mental Hypine

Sehat mental memahami batas psikologis siswa saat krisis seperti ini tanggung jawab tugas seorang guru bk secara fisik memang tidak berkumpul bersama di sekolah, namun perlu memberikan motivasi selama mereka di rumah. Sehat mental penting bagi siswa agar terhindar dari cemas yang berlebihan.

IDENTITAS PENULIS 

Nama: Nilpa Amelia Batu Bara 
Jurusan: Bimbingan Konseling Islam 
Peserta: KKN KELOMPOK 107 
Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 
Komentar

Berita Terkini