|

Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Internet Di Masa Pandemi

Penulis: Annisa Rahmadini

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Selasa, (11/08-2020) - Ditengah kondisi pandemi sekarang ini, pemerintah telah memberikan kebijakan agar lebih baik di rumah saja bahkan sistem pendidikan juga diubah menjadi sistem jarak jauh (remote learning) maka pembelajaran tidak bisa dilaksankaan secara tatap muka di kelas. Kondisi tersebut menuntun lembaga pendidikan terkhususnya guru untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran melalui daring (dalam jaringan). 

Pandemi virus covid-19 di Indonesia bahkan dunia mendampakkan banyak sekolah mengehentikan proses pembelajaran secara tatap muka menjadi sistem online dengan memanfaatkan teknologi yang telah berkembang saat ini. Membahas tentang teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah bagaimana pembelajaran tanpa tatap muka ini dapat menjawab permasalahan yang ada dalam pendidikan bahasa Inggris khususnya. Yang mana peran guru sebagai pendidik, motivator, bahkan fasilitator tetap ada dalam hakikatnya seorang guru walaupun tanpa adanya pembelajaran tatap muka.  

Karena belajar merupakan suatu aktifitas yang memerlukan dorongan dari orang tua, guru, saudara teman dan lainnya agar tetap semangat dalam menambah pengetahuan siswa. Pembelajaran langsung dengan tatap muka sudah biasa dilakukan oleh guru dengan berbagai strategi dan metode guna mencapai pembelajaran yang bermakna, menyenangkan dan mencapai tujuan yang diharapkan. Namun demikian, dengan pembelajaran jarak jauh tentu saja membutuhkan strategi khusus agar pembelajaran tetap menyenangkan dan tidak menimbulkan rasa bosan. Itulah yang menjadi tuntutan guru khususnya guru bahasa Inggris agar selalu mempunyai cara mengajar sistem daring sehingga pembelajaran tetap aktif seperti biasanya.

Seperti membuat bahan ajar percakapan atau bacaan yang sebagian sudah diterjemahkan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, baik berupa ms. Power Point maupun ms. Sway dan lainnya, agar anak tetap semangat dalam membaca guna menambah kosa kata bahasa Inggris. Dengan memberikan tugas yang telah dipahaminya, murid akan terbiasa melontarkan bahasa Inggris yang baik. Lalu memberikan tugas menerjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Siswa boleh menggunakan kamus sendiri atau dengan menggunakan aplikasi yang telah ada sekarang ini, agar siswa dapat berusaha dan mudah memahami dalam setiap kosa kata yang telah diberikan tugas.

Begitu pula dengan pemahaman tata bahasa, siswa diarahkan untuk menonton beberapa media yang telah guru arahkan, baik berupa video maupun CD, serta membiasakan siswa untuk membaca teks atau cerita dalam berbahasa Inggris agar mudah bagi siswa unruk melontarkannya serta mempraktekkannya di kesehariannya.

Bisa juga dengan menggunakan audio membuat percakapan murid dengan gurunya, maupun dengan video tatap muka guru dan murid saling bercerita dengan berbahasa Inggris yang telah diajarkan. Semoga bermanfaat. 

"A desire and patience are owned by someone who gets succes". Kemauan dan ketabahan adalah dasar utama yang dimiliki oleh orang sukses.

IDENTITAS PENULIS 

Nama: Annisa Rahmadini

Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris Kelompok 146 KKN-DR UIN SU 

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini