|

Matematika Dalam Relasi Kesehatan Sains

Penulis: Maisarah 
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan
Kelompok: 128 KKN DR UIN-SU Medan

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Rabu, (5/8-2020) - Matematika merupakan ilmu penting yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Sebab matematika adalah  ilmu tentang kuantitas, struktur, ruang dan perubahan.

Dalam matematika terdapat suatu relasi, dimana relasi yang tecantum dalam matematika ialah sebagai hubungan antara dua himpunan yang satu dengan himpunan yang lainnya. Maka matematikaa memeliki hubungan dalam dunia kesehatan sains. Fenomena yang terjadi pada masyarakat dalam kesehatan ialah terjadinya perbedaan gaya hidup dan cara pandang dalam kesehatan.

Misalkan, perilaku dan pengetahuan masyarakat tentang kebersihan mencuci tangan, memilih makanan yang sehat, makan bersama dengan keluarga, memakai masker jika sakit, membuka jendela setiap pagi agar udara berganti menjadi lebih sehat, dan lainnya. Dari hal yang telah disebutkan, masyarakat mempunyai sudut pandangnya masing-masing dalam menyikapi hal tersebut.

Untuk menggali fenomena kesehatan di masyarakat dan direkam dalam kuesioner.

Kita bisa menggunakan ilmu matematika didalamnya. Maka untuk jenis data bisa berupa data kategoris dan data kontinu. Contoh yang ingin dilakukan ialah seperti menghitung nilai rata-rata atas pertanyaan “Apakah menurut anda mencuci tangan tanpa sabun adalah benar?” jawabannya memiliki respons pilihan ordinal: 1. Sangat setuju, 2. Setuju, 3. Ragu-ragu, 4. Tidak setuju.

Disini perhitungan matematika sangat membantu memberikan pendekatan kemakna sebenarnya dari suatu jawaban yang disampaikan. Untuk menyelesaikannya, kita gunakan teori IRT.

Oods = P
1 - p

P : probabilitas
Oods : ukuran perbandingan antara kejaadian A terjadi  (dengan P) dan A tidak terjadi pada 1 – P.

IDENTITAS PENULIS

Nama: Maisarah
Jurusan: Matematika
Fakultas: Fakultas Sains dan Tekhnologi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan
Kelompok: 128 KKN DR UINSU MEDAN
Komentar

Berita Terkini