HEADLINE

Geger !!. Petinggi Nasdem Mesuji Segera Panggil Bacaleg Terindikasi Ijazah Palsu

/

Redaksi / Kamis, 30 Agustus 2018 / 13:50 WIB

Sebarkan:
                      Ket Foto : Ketua DPRD Mesuji Fuad Amrullah
MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN l LAMPUNG - Ketua DPD Partai Nasdem Mesuji, Lampung, Fuad Amrullah segera memanggil Sumanto Andreas, bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Mesuji dari Partai Nasdem yang terindikasi menggunakan ijazah palsu.

"Secepatnya kita akan panggil yang bersangkutan untuk membahas lebih dalam terkait adanya indikasi ijazah palsu yang di sampaikan KPUD Mesuji. Saya baru sampai ke Mesuji dan baru mendapat laporan bahwa salah satu kader Nasdem terindikasi berijazah palsu saat proses pendaftaran," kata Fuad, Kamis (30/8/2018).

Dia mempersilahkan media menemui Sumanto Andreas dikediamannya di Kecamatan Wayserdang  untuk menanyakan langsung terkait indikasi ijazah palsu yang digunakan Bacaleg no urut 2 Dapil 4 Kecamatan Wayserdang itu.

Berbekal kontak handphone yang diberikan Fuad Amrullah, Media mencoba menghubungi nomor tersebut. Saat itu istri Sumanto Andreas yang menjawab.

Melalui sambungan telepon dia menjelaskan, bahwa kasus yang menimpa suaminya (Sumanto Andreas) mencuat sejak awal pencalonan Anggota DPRD Mesuji pada  2014 lalu. Saat itu pihaknya mendapat isu bahwa Sumanto Andreas menggunakan ijazah  palsu.

"Sebenarnya adanya isu tersebut sudah sejak lama, namun kami menanggapinya dengan positif. Toh nanti bisa dibuktikan sendiri apakah ijazah bapak itu palsu atau tidak," jelasnya.

Ia melanjutkan, menguapnya indikasi ijazah palsu baru-baru ini lantaran saat mendaftar pekan lalu, Sumanto Andreas belum memberikan berkas-berkas pendukung dari ijazah tersebut.

"Ya memang berkas pendukung ijazahnya belum kami lampirkan pada saat pendaftaran hingga menjadi polemik saat penetapan DCT. Secepatnya akan kita berikan berkas pendukung Ijazahnya agar indikasi ini tidak berkepanjangan," paparnya.

Disinggung keberadaan Suamanto Andreas, istrinya menjawab bahwa yang bersangkutan tidak berada dirumah melainkan sedang di jalan untuk menemui Ketua DPD Partai Nasdem Mesuji.

Diberitakan sebelumnya, jelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Mesuji mencuat dugaan calon Anggota DPRD kabupaten Mesuji dari Partai Nasdem atas nama Sumanto Andrias berijazah palsu.

Menanggapi itu, Ketua KPUD Mesuji Saiful Anwar mengatakan sedang meminta klarifikasi dari partai politik.

"Mereka sudah datang memenuhi panggilan KPUD Mesuji, mereka akan mengklarifikasi yang bersangkutan untuk menindaklanjuti terkait laporan masyarakat kepada KPUD Mesuji,” ungkapnya.

Saiful menjelaskan, saat ini kan masih Daftar Calon Sementara (DCS) jadi tinggal tunggu klarifikasi dari partai politik pengusungnya.

"Mereka masih mempunyai hak untuk mengganti calon legislatifnya. Karena penetapan DCT rencananya 20 september 2018 mendatang, jika memang partai politiknya mengganti dengan calon lain. Maka yang bersangkutan akan digugurkan, tapi tentang kebenaran laporan tersebut silahkan konfirmasi ke Bawaslu Mesuji karena mereka yang mempunyai wewenang faktual. Kecuali bawaslu memberikan surat kepada KPUD untuk faktual bersama maka kami akan lakukan faktual,” tutupnya.

Diketahui Sumanto Andreas sudah satu periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Mesuji sedangkan untuk saat ini pencalonan dirinya untuk yang kedua kalinya dengan dapil yang sama.()
Editor :  Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI