|

Ini Nama Yang Melaporkan Pendeta Gilbert ke Polisi Atas Dugaan Penistaan Agama

Media Nasional Obor Keadilan | Jakarta | 
Kisruh yang ditimbulkan Pendeta Gilbert kemudian minta maaf lewat pertemuan di rumah pak JK ternyata belum berakhir, Gilbert Lumoindong dilaporkan ke Polda Metro Jaya buntut video khotbah yang viral beberapa waktu lalu. 

Dilansir beberapa Media, Pendeta Gilbert merespons singkat pelaporan yang ada.
"Statement saya, sekali lagi, kami menyatakan maaf kami kepada umat yang terlukai dan tersakiti. Insyaallah ke depannya lebih baik," kata Gilbert saat dihubungi, Rabu (17/4/2024).

Laporan tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi. Pendeta Gilbert dipolisikan terkait dugaan penistaan agama.

Saat ini pihak kepolisian masih mendalami laporan yang ada. Kasus tersebut kini ditangani Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Benar. Laporan diterima tanggal 16 April 2024 tentang dugaan penistaan agama," kata Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Media Nasional Obor Keadilan mendapati maraknya pertanyaan publik terkait siapa pelapor kasus Pendeta Gilbert Lumoindong?

Tim Media Nasional Obor Keadilan menelusuri berbagai sumber, diantaranya ke praktisi hukum yang punya jaringan luas Andar Situmorang Nabonggal SH. MH apa kah tau siapa pelapor Pdt Gilbert? kemudian dia jawab ia kapasitas ku selaku praktisi hukum saya pun setuju Farhat Abbas melaporkan ini ke Polisi Ungkap Andar Situmorang.

Peenyataan itu disertai Andar Situmorang dengan mengirimkan bukti LP yang mana terlapor Gilbert Lumoindong sementara Pelapor tertera Farhat Abbas, adapun no registrasi nya sebagai berikut; LP/B/2030/IV/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Permintaan Maaf Pendeta Gilbert
Sebelumnya, Pendeta Gilbert bertemu dengan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK), setelah videonya viral. Dia menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf.

"Ya, bagi saya, kenapa memilih Pak JK, ada tiga alasannya. Yang pertama, Pak JK adalah orang yang senior di bangsa ini dan sudah menduduki banyak jabatan, berarti beliau berpengalaman dan bukan hanya berpengalaman, tapi beliau juga seorang yang diakui sebagai quote and quote pemimpin muslim. Dalam hal ini, beliau juga pemimpin Dewan Masjid. Itu yang pertama, karena saya tahu beredarnya banyak hal justru ada di masjid-masjid," ujar Gilbert di kediaman JK di kawasan Jakarta Selatan, Senin (15/4).

Kedua, bagi Gilbert, JK bisa disebut sebagai man of peace. Gilbert menilai JK sudah banyak mendamaikan beberapa keadaan di Indonesia.

"Dan yang ketiga, pasti beliau adalah orang yang asyik, ya kan ada banyak orang, makin tinggi jabatannya makin sulit dijumpai, kadang kala ada orang mengatakan lebih gampang cari Tuhan daripada cari dia, gitu kan. Tapi Pak JK seorang yang siap buat apa saja buat bangsa dan negara," paparnya.

"Pokoknya buat bangsa dan negara, apalagi demi kedamaian, bisa mudah dicarinya gitu. Dalam hal ini, kemarin kita berdiskusi, kita minta waktu, beliau di tengah kesibukannya langsung mengambil waktu hari ini karena buat beliau bangsa dan negara dan kedamaian itu selalu penting," lanjut Gilbert.

Sebagai informasi, video Gilbert saat bicara soal 2,5 persen dan membandingkannya dengan perpuluhan viral di media sosial. Dalam video itu, Gilbert juga bicara soal gerakan salat umat Islam dan membandingkannya dengan gerakan saat umat Kristen beribadah di gereja.

Penanggung jawab berita: Obor Panjaitan
Editor: Redaksi 
Komentar

Berita Terkini