|

Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Perkembangan Teknologi Dimasa Pandemi Covid-19

Penulis: Nur Aini

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Selasa, (11/08-2020) - Seiring berjalanannya waktu, kita mulai mengetahui bahwa tidak semua yang kita inginkan bakalan terjadi. Sejak munculya wabah yang berupa virus ini yang sering kita sebut juga covid-19 saat awal bulan maret hanya waktu singkat telah menyebabkan banyak orang menderita akibat virus ini, baik secara kesehatan umumnya, keuangan bahkan pendidikan, berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah sehinga pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh ataupun dalam jaringan (daring). Dengan kebijakan begitu guru harus lebih pintar dalam mencari strategi dalam pembelajaran agar murid tetap semangat dalam belajar dan meningkatkan pendidikan di Negara kita. 

Nah dengan kebijakan tersebut kita sebagai pendidik harus dapat menjadikan pembelajaran aktif dengan pemanfaatan teknologi yang sudah ada sekarang ini. Yang mana penggunaan teknologi digunakan manusia awalnya agar dapat mengubah sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Dan pada saat ini kualitas teknologi semakin canggih dan semakin berkembang setiap tahunnya. 

Dengan kebijakan pemerintah tersebut karena adanya virus covid-19 dengan sistem  pembelajaran tanpa tatap muka, maka kita dapat memanfaatkan teknologi  ini agar anak tetap semangat untuk meningkatkan pengetahuan, diantaranya sebagai berikut:

Internet 

Dengan adanya pembelajaran secara online, penggunaan internet memberikan kontribusi yang positif pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Dengan menggunakan internet, guru akan selalu siap untuk memberikan dan menggali ilmu pengetahuan bahasa Inggris yang aktif kepada peserta didik. Dengan hal tersebut guru ditekankan untuk tetap terus mengakses pengetahuan khususnya di bidang bahasa Inggris. Melalui internet, pembelajaran dapat menjadikan kontak langsung antara guru dan muridnya atau dengan penutur lainnya dengan berbagai aplikasi misalanya video call ataupun aplikasi lainnya yang guru dan murid seakan bertatap  muka langsung bercerita bertanya jawab mengenai pembelajaran bahasa Inggris serta lainnya. Sangat banyak situs yang terdapat di internet sehingga membantu siswa dalam penguasaan dan kemahiran dalam berbahasa Inggris. 

Satelit/ Parabola

Dengan pemanfaatan teknologi satelit dalam pandemi ini para guru menyarankan peserta didik untuk selalu di rumah menjaga kesehatan dan dapat menyarankan peserta didik agar dapat menonton siaran TV yang berbahasa Inggris, agar peserta didik terus terlatih dengan setiap kosa kata yang ditontonnya, dengan kebiasaan tersebut murid lebih mudah mendapatkan kosa kata agar dapat di praktekkannya dalam kesehariannya. 

CD Interaktif

CD Interaktif adalah media yang cukup efektif untuk pembelajaran bahasa khususnya bahasa Inggris. Alat ini hampir mirip dengan tip recorder, akan tetapi alat ini lebih memiliki inovasi yang mana dapat dilihat dan didengar tidak seperti tip recorder yang hanya dapat didengar saja.  Dengan media audio visual ini murid lebih suka melihatnya degan berbagai animasi yang telah ada. Sekarang sudah banyak program pengajaran bahasa Inggris dalam bentuk CD Interaktif ini. Disaat pandemi seperti ini sangat cocok digunakan, maka seorang pendidik baik guru maupun orang tua dapat memberikan dan menyediakan CD pengajaran bahasa Inggris di rumah. 

English E-Learning

English E-Learning merupakan media sosial yang menggunakan internet atau jaringan sosial komputer lainnya. Adanya English E-Learning pada saat pandemi pembelajaran secara online ini sangat cocok karena adanya keterbatasan dalam interaktif sosial maka peserta didik tetap termotivasi dalam belajar jarak jauh. 

Nah banyak jalan menuju Roma kan, begitu banyak cara untuk menggali dan mengembangkan pengetahuan anak, jangan karena tidak adanya pembelajaran di kelas atau secara tatap muka dapat menurunkan semangat murid atau anak  untuk menggali pengetahuannya terkhusus bahasa Inggris yang menjadi bahasa International. Semoga bermanfaat. 

Belajarlah tanpa kenal lelah, dan galilah potensi dengan prestasi. The future lies with the young= masa depan terletak pada pemuda.

IDENTITAS PENULIS 

Nama: Nur Aini

Jurusan: Pendidikan Bahasa Inggris Kelompok 161 KKN-DR UIN SU 

Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dr. Fauziah Lubis SH, M.Hum.

Komentar

Berita Terkini