|

MENGAJARKAN ANAK BERADAPTASI DENGAN NEW NORMAL

Oleh: Fitria Ramadhani Barus

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) 


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Jum'at (7/08-2020) - Istilah new normal kerap kali diperbincangkan belakangan ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk mulai mengaktifkan kembali aktifitas-aktifitas yang sempat terhenti akibat pandemi Coronavirus Diseases (Covid-19) yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 lalu, yang membuat segala kegiatan baik bekerja, belajar serta beribadah dilakukan dari rumah.


Orang tua memiliki peran penting untuk memberikan pemahaman kepada anak dengan istilah new normal atau konsep tananan hidup normal baru ditengah pandemi Coronavirus Diseases (Covid-19).

Dilansir dari Akurat.co Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto mengungkapkan pengasuhan anak di era new normal ini menjadi kesempatan bagi orang tua untuk menjadi kreatif dengan mencarikan permainan yang bisa menjadi acuan untuk menggali segala potensi yang ada pada anak dan tetap fokus pada pemenuhan hak anak dalam membentuk karakter positif pada anak. 


“Hal tersebut harus diterapkan dengan segala cara dan metode seperti menciptakan pengasuhan dengan penuh cinta melalui senyum, tanpa kekerasan sehingga anak tumbuh penuh dengan rasa kasih sayang kepada orang di lingkungannya,” ujar Kak Seto dalam webinar “Orang Tuaku Sahabat Terbaikku” yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).


Upaya Orang Tua Membantu Anak Beradaptasi Dengan New Normal


Orang tua harus menyiapkan anak untuk menghadapi era new normal dan mengajarkan anak bagaimana menjalani keseharian dengan baik dan aman. 

Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak beradaptasi dengan era new normal:


1. Menjelaskan arti new normal


Penting bagi para orang tua untuk memberikan pemahaman terkait dengan istilah new normal. Berikan penjelasan dengan kata-kata atau kalimat sederhana yang mudah untuk dipahami oleh anak. Bukan berarti karna adanya new normal maka Coronavirus Diseases (Covid-19) sudah hilang. New normal berarti kebiasaan baru yang harus diterapkan pada kehidupan sehari-hari untuk meminimalkan kemungkinan diri terkena Coronavirus Diseases (Covid-19).


2. Menjelaskan aturan-aturan penting dalam menjalani new normal


Penjelasan mengenai aturan-aturan yang harus dijalankan ketika era new normal akan lebih mudah dipahami oleh anak jika disertakan dengan visual seperti gambar atau video sebagaimana yang kita ketahui bahwa anak belajar secara konkret yakni secara nyata. Orang tua dapat mencari sumber pembelajaran melalui berbagai media terpercaya atau mengajak anak untuk membuat poster yang dapat ditempelkan pada sekitar area rumah. 


Beberapa aturan penting yang harus ditekankan pada anak ketika melakukan aktivitas diluar rumah seperti tempat umum atau sekolah adalah; menghindari kerumunan orang, tidak bersentuhan dan menjaga jarak, selalu mencuci tangan dengan air mengalir ketika sudah selesai beraktivitas diluar rumah, dan menghindari menyentuh area segitiga wajah (mata, hidung dan mulut) jika belum mencuci tangan, serta tidak bertukaran masker dengan orang lain.


3. Ajak anak menerapkan pola hidup sehat


Berikan pemahaman pada anak bahwa penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita guna terhindar dari Coronavirus Diseases (Covid-19). 


  • Upayakan anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Sebaiknya anak tidak dibiarkan untuk tidur terlalu malam bangun terlalu siang.
  • Berikan jadwal untuk anak dan orang tua berolahraga bersama.
  • Beri kesempatan anak untuk menghirup udara segar dan merasakan sinar matahari di luar rumah dengan tetap menghindari kerumunan.
  • Ajak anak untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.


IDENTITAS PENULIS 


Nama: Fitria Ramadhani Barus 

Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Peserta KKN-DR UINSU Kelompok 37

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 


Komentar

Berita Terkini