|

Idealnya Guru Pendidikan Agama Islam

Penulis: Ratna Panjaitan 

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 


MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Minggu, (9/8-2020) - Perlu kita ketahui bahwasanya seorang guru sangat berperan penting dalam melakukan perkembangan diri seorang anak dalam suatu lembaga pendidikan. Saya sedikit berbagi pengalaman mengenai sebelum saya masuk keperguruan tinggi saya ingin mengetahui lebih dalam tentang agama Islam. Akan tetapi niat saya dipermudah Allah dalam menempuh pendidikan diperguruan tinggi dengan jurusan yang saya senangi. Dalam proses waktu sampai sekarang saya berada disemester VI betapa profesi seorang guru PAI sangat mulia bagi yang menekuni dengan baik dan  benar dalam pendidikan seorang anak. 


Guru merupakan seorang pendidik yang memberikan pengajaran terhadap baik siswa/i yang berada pada pendidikan formal. Sedangkan yang saya bahas disini mengenai seorang idealnya guru PAI. Guru PAI biasa disebut dengan guru Pendidikan Agama Islam seorang pendidik yang mengajarkan kepada peserta didik dalam bidang  studi pendidikan Agama Islam.

 

Dapat kita ketahui bahwa tugas seorang guru PAI bukan mudah. Karena hal ini berkenaan mengenai pembimbingan suatu agama dalam lembaga pendidikan formal karena tugas yang memiliki peranan penting dan harus memiliki kemampuan mengajar, mendidik, membimbing, melatih dan menilai peserta didik untuk seorang guru PAI harus menjadi guru yang bisa dikatakan guru yang ideal yang sesuai dengan yang dicita-citakan, diangan-angankan dan sesuai yang dinginkan. 


Dapat disimpulkan bahwa seorang guru PAI yang ideal tidak mudah harus mampu memberikan ide-ide dan memberikan penjelasan yang akurat terhadap peserta didik supaya tidak mudah bosan dalam menerima penjelasan yang diberikan seorang guru PAI. Untuk itu bagi saya dan calon guru PAI lainnya harus mampu memberikan sesuatu hal yang baru dan memiliki bekal ilmu agama yang benar supaya dapat memberikan bimbingan dan mengajarkan kepada peserta didik.


IDENTITAS PENULIS 


Nama: Ratna Panjaitan 

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 


Komentar

Berita Terkini