|

Pemanfaatan Sosial Media dalam Berdakwah di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Siti Aisyah
Fakultas/Prodi: Ushuluddin dan Studi Islam/Studi Agama Agama
Universitas Islam Negri Sumatera Utara 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Senin (17/08-2020), Pada awal bulan Maret, Pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia saat Presiden Joko Widodo mengumumkan 2 warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Bukan hanya Indonesia, hampir seluruh negara di dunia juga mengalami hal yang sama bahkan jauh lebih dulu dibanding negara Indonesia.

Karena adanya Virus Corona ini banyak kegiatan masyarakat yang biasanya kerja di luar rumah menjadi harus berada di dalam rumah, Pemerintah membuat kebijakan seperti “Working From Home” gunanya agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Banyak tempat-tempat umum di tutup seperti, Masjid, Mall, Toko, Universitas, dan sekolahan. Sehingga Para mahasiswa dan siswa terpaksa melakukan kegiatan belajar dari rumah dan mengandalkan media online/Daring.

Disini Saya membahas tentang “Pemanfaatan Sosial Media dalam Berdakwah di Masa Pandemi Covid-19”, Hadist yang berkaitan dengannya “Sampaikanlah dariku walau satu ayat” (HR. Bukhari). Ini artinya kegiatan berdakwah haruslah diteruskan walau dimasa pandemi Covid-19 yang dapat menghambat seperti keadaan sekarang ini. Seperti yang kita ketahui Dimana Tempat-tempat Beribadah seperti Masjid, Gereja dan lain-lain, harus ditutup, sedangkan para ustad atau pendeta menyampaikan Dakwahnya lewat Tempat Beribadah, Nah Dimasa pandemi sekarang ini kita perlu menggunakan Sosial Media dalam Berdakwah, maupun bekerja.

Dengan menggunakan Sosial Media yang sudah sangat canggih, dimasa sekarang ini tentunya hal ini sangat dapat membantu dan menggantikan kegiatan berdakwah, dimana hal ini tentunya bisa digunakan para ustad,  pendeta dan lainnya dengan optimal.

Dakwah yang disampaikan melalui Sosial Media untuk masyarakat dalam situasi seperti sekarang ini sangatlah penting, itu karena masyarakat sangat perlu dukungan secara Moral dan Mental, karena dalam situasi seperti ini banyak masyarakat menjadi Resah, Stres, sehingga menghambat sesuatu yang seharusnya dilakukan. Dengan dakwah yang tetap disebarkan di dalam Sosial Media tentunya akan lebih membantu masyarakat agar selalu melakukan hal-hal yang positif dan tidak menegangkan saraf.
Bahkan sebelum adanya masa pandemi Covid-19, sudah banyak para tokoh agama yang mempublikasikan dakwah-dakwahnya di Sosial Media.

Seperti dapat melihat dakwah-dakwah melalui YouTube, Instagram, Facebook dan Twitter.

Dalam masa pandemi Covid-19 konten-konten Dakwah dalam Sosial Media akan bertambah banyak pastinya, dan banyak juga masyarakat yang berpartisipasi dalam mengikuti konten dakwah tersebut, karena untuk mendengarkan dakwah sudah tidak usah pergi terlalu jauh karena sudah terbantu dengan adanya Berdakwah Di Sosial Media.

Dengan demikian, di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat dapat memanfaatkan Sosial Media dengan baik, dengan diharuskannya Stay At Home, bukan berarti membuat kita hanya bermalas-malasan, dengan adanya Sosial Media kita biasa melakukannya dengan seribu kebaikan-kebaikan, dan memenuhi tuntutan berdakwah.


Identitas Penulis: 

Nama                  : Siti Aisyah
Nim                     : 0402173060
Fakultas/Prodi : Ushuluddin dan Studi 
                              Islam/Studi Agama 
                               Agama

Universitas Islam Negri Sumatera Utara (UINSU).

Peserta KKN DR Kelompok 33


Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini