|

Anak Anda Malas Membaca Al-qur’an ? Ini Dia 2 Tips Agar Anak Anda Bisa Mencitai Al-qur’an

Penulis: Muhammad Fery Fadly Sinaga 
Jurusan: Pendidikan Agama Islam  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) 
PESERTA KKN-DR 167 TAHUN 2020

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Rabu, (5/08-2020) - Mencintai al-quran termasuk ke dalam ibadah paling utama diantara ibadah-ibadah lainnya. Dan rasulullah pernah berpesan kepada umatnya agar senantiasa berpegang teguh keduanya yakni al-quran dan hadist, karena dengan berpegang teguh dengan keduanya maka mereka tidak akan sesat, baik didunia terlebih lagi diakhirat kelas.

Setiap orang tua yang muslim tentu sangat mengidamkan bila anak mencintai al-quran.

Mendapatkan anak yang mahir membaca, menghafal dan mengkaji al-quran tentu saja membutuhkan tantangan tersendiri bagi orang tua, karena Sesungguhnya  allah hadirkan anak  dalam dunia ini dalam kondisi fitrah lalu bagaimana agar anak bisa cinta terhadap al-quran ?

Berikut ini adalah tipsnya

Tips pertama : buat mengaji itu menyenangkan

pilih waktu yang menyenangkan buat anak, karna anak-anak memiliki siklus yang berbeda dengan orang tua. agar mereka bisa mendapatkan cinta terhadap al-qur’an kita harus mengerti mood nya, dan waktu yang tepat untuk belajar al-quran bagi anak-anak bisa dilakukan diwaktu-waktu ini : subuh, habis ashar, ba’da maghrib, dan lebih nikmat lagi kalau dibacakan menjelang tidur.

Untuk belajar  alquran terhadap anak-anak dan supaya mereka cinta, jangan terlalu ditargetkan, mulai la dari yang simpel dulu, mungkin hanya 5 menit sehari dan nanti mungkin ditambah porsi nya diwaktu-waktu lain misalnya : subuh diberikan 5 menit, bisa ditambahkan nanti ba’da asar 5 menit lagi, lalu kemudian nanti ba’da maghrib 5 menit, kemudian menjelang tidur 5 menit. Makna nya biasa kan anak terlebih dahulu untuk akrab terlebih dahulu dengan  al-qur’an, biasakan telinga mereka untuk mendengarkan al-qur’an. Dan agar mengaji itu menyenangkan haruslah belajar dan mengajarnya dengan ikhlas karena allah, sebab banyak guru yang mengatakan, apa yang keluar dari hati akan sampai kepada hati.

Tips kedua : Buat Suasana Qurani Di Lingkungan.

Jadikan anggota keluarga terlibat dalam menghafal atau mengaji  alquran, karena biasanya kalau anak dipaksa menghafal atau membaca al-quran sementara dia lihat kedua orang tuanya tidak bisa membaca dengan benar apalagi tidak ikut menghafal Bagi dia ini tidak adil. Maka supaya ia merasakan keadilan, ajak semua anggota keluarga untuk terlibat menghafal al-quran. Putarkan mp3 al-quran selama mungkin dirumah karena sesungguhnya telinga anak-anak itu amat sensitif, mereka bisa menghafal hanya dengan sekedar mendengar saja.

Nah itu tadi 2 tips agar anak bisa cinta dengan al-quran, yang pertama dibuat menyenangkan dan yang kedua kita ubah suasananya agar berkesan qurani.

IDENTITAS PENULIS 

Nama : Muhammad Fery Fadly Sinaga 
Jurusan: Pendidikan Agama Islam  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) 
PESERTA KKN-DR 167 TAHUN 2020
Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini