|

[BUMDES] Desa Natumingka Panen Jagung 7,9 Ton, Koramil 15/Hbs dan Bupati Tobasa Hadir

Bupati Darwin Bersama Koramil 15/Hbs Adakan Panen Jagung Di Natumingka
Ket Gambar: Bupati Toba Samosir Bersama Jajaran pejabat tinggi kabupaten Tobasa turun dari ibu kota Balige tampak hadir mendampingi Danramil 15/Habinsaran Parsoburan Panen jagung.

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN-Natumingka (13/02/2020), Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang diberi nama Bumdes Andeska Natumingka telah memanen Jagungnya.

Tanaman jagung milik Bumdes  tersebut seluas 8 (Delapan) hektar yang berada di Desa Natumingka Kecamatan Borbor Kabupaten Toba Samosir.

Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian didampingi Danramil 15/ Habinsaran Kapten Kav Suharsono yang selalu aktif membantu para kelompok tani(Poktan) maupun  Bumdes yang ada di wilayahnya ikut serta memanen jagung milik Bumdes tersebut.

Bupati Darwin mengatakan, Ini adalah panen perdana Jagung di Bumdes Bersama  Andeska Dan hasilnya memuaskan karna tadi dihitung  BPS dan Pertanian, satu Hektar bisa menghasilkan 7,9 ton sedangkan produksi nasional rata rata 1 hektar cuma menghasilkan 6,1 ton jadi luarbiasa hasil panen Bumdes tersebut katanya di Natumingka 13/02/2020.

Tambahnya lagi kedepan lahan ini akan ditambah dari 8 hektar menjadi 36 hektar sehingga nantinya Bumdes ini bisa penguat Ekonomi di daerah khususnya di Desa Natumingka.

Terpisah Danramil 15/Habinsaran Kapten Kav Suharsono mengatakan,Pihaknya selalu memerintahkan Babinsanya agar terus mendampingi kelompok tani  maupun Bumdes untuk membantu dalam hal pengolahan lahan maupun penanaman di setiap kelompok tani maupun Bumdes yang ada di wilayah binaannya dan selama ini sudah dilaksanakan, imbuhnya.

Dalam panen perdana ini selain Bupati Tobasa hadir juga, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Kadis Sosial Raja Ivan Sinurat Kadis Perindakop-UKM, Kadis Capil Bonar Butar_Butar, Mewakili Kapolsel,  Camat Borbor Tokoh Agama,Tokoh Adat, Lansia, SD Natumikka, Kelompok Tani Andesta dan undangan lainnya.(Amran Sianipar)







Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini