|

Membentuk Mentality Bangsa

Ket gambar : Feby  RNA aktivitis 98. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | OPINI | menurut saya perubahan yang bersenyawa dengan tujuan bangsa indonesia tentang menjadi bangsa yang besar dan maju terdepan dalam hal ini membangun mentality adalah sbb:

1.pendidikan 

informal :

Berawal dari lingkungan keluarga untuk membuat karakteristik dalam mendidik keluarga intinya baik moral nya, sopan santun, kejujuran dan juga mentality untuk berkembang pada dunia lebih luas yaitu lingkungannya sebagai bekal dalam hidup bersosialisasi lebih luas lagi nantinya.


Formal :

Nah ini ruang scoop dari pendidikan disekolah yang didapati oleh anak-anak dimana peranan guru dalam mendidik muridnya untuk bisa mempunyai mentality yang baik yang berkembang guna buat masyarakat lebih luas baik untuk sosialisasi lingkungan kecil yaitu: keluarganya, teman lingkungan sekitar nya, adapun  lingkungan besar dalam hal ini untuk kontribusi ke bangsa nya bagaimana ilmu yang sudah diberikan berguna dalam kedua scoop tersebut. Dan ini bagian membentuk karakteristik mentality tersebut.


2. Agama itu sendiri buat saya pribadi adalah pengikat diri kepada sang pencipta kita yaitu Tuhan , karena agama bersifat batiniah, subyektif, dan  individualistis. Kalau kita membicarakan agama akan dipengaruhi oleh pandangan pribadi, juga dari pandangan agama yang kita anut dimna ini bisa menjadi pengaruh luar biasa untuk membentuk bagian dari mentality juga.


3.Ekonomi

Bicara ekonomi sangat berpengaruh luas pada bagian mentality itu salah satu nya
Prof Richard Thaler yang juga dosen di Fakultas Ekonomi University of Chicago, adalah sosok yang dianggap sebagai the Father of Behavioral Economics.

Ilmu behavioral economics sendiri adalah salah satu cabang baru dalam ilmu ekonomi.

Premis dasar ilmu behavioral economics adalah : manusia itu tidak rasional, dan suka memasukkan elemen emosi dlm economic decision making.

Pandangan itu tentu saja antitesa dari ilmu ekonomi konvensional yang selama ini punya asumsi : manusia selalu rasional dlm mengambil  keputusan ekonomi.

Melalui riset yg dilakukan para ahli behavioral economics, ditemukan beragam “bias” atau “systematic thinking eror” yang  acap menyelinap dibalik sanubari kita.

Diam-diam beragam bias itu ini membuat decision making kita menjadi tidak lagi obyektif dan rasional. Bias itu membuat kita – saya dan kamu – berulang kali melakukan error yang bersifat sistematis, dan acap kali membuat hidup kita terperosok dalam kegelapan nasib.

Dan kesimpulan nya ekonomi bisa merubah karakteristik seseorang dalam hal baik atau pun hal buruk nya.

4.Budaya 

Budaya atau jati diri bangsa sangat berperang dalam karakter dan mentality seseorang.

Apa budaya bangsa kita?

Budaya merupakan suatu identitas bangsa, ciri khas suatu bangsa, karakter bangsa, ataupun sebagai tanda dimana negara tersebut mempunyai sejarah perjalanan hidup dari awal sebuah negara itu bisa terbentuk.

Sifat-sifat budaya sendiri berpengaruh pada keadaan masa nya yang berkembang saat itu dan dimana penting nya jati diri bangsa dalam kebudayaan nya harus tetap dilestarikan agar halghal baik dari budaya kita tetap terjaga tanpa terkontaminasi pada budaya luar sebagai bentuk tegas karakteristik budaya bangsa kita, ini pun berpengaruh jg dlm mentality kita dan bangsa ini.

5. HuKum

Kenapa hukum berpengaruh pada mentality seseorang ...??

Hukum itu sendiri adalah suatu sistem peraturan yang di dalam nya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, serta mencegah terjadinya kekacauan.

Kedisiplinan yang terbentuk menciptakan kita tunduk dalam suatu norma-norma yang ada baik di keluarga ataupun masyarakat dan lingkungan nya sehingga patuh terhadap hukum yang ada.

Ini juga berperan dalam membentuk karakter mentality.

Jadi tegakan hukum sesuai fungsi dan garis nya tanpa toleransi !✊

Itu lah gambaran detail dari saya besar harapan saya belajar dari sejarah negara cina tentang sejarah tembok cina saat itu lalai nya dalam pembentukan karakter mentality yang berakibat fatal secara luas baik sebagai penghambat kemajuan bangsa itu sendiri.

Next sumber daya manusia, revolusi mental atau mentality bangsa harus benar benar jadi fokus kita bersama baik pemerintahan atau pun untuk scoop individual sendiri dengan merubah mentality kita lebih baik lagi...🙏🙏


Salam hangat 🙏✊🇮🇩


Feby

Penulis : Feby  RNA aktivitis 98.
Komentar

Berita Terkini