|

HKBP Kayu Tinggi DKI Kisruh, Pdt Haposan Sianturi Diturunkan Paksa Dari Mimbar Hingga Jubah Koyak

■Penulis Obor Panjaitan 
Foto: Detik demi detik Pendeta Haposan Sianturi dipaksa untuk turun dari mimbar sesaat akan berkhotbah hingga jubah turut sobek. 

KAYU TINGGI-JAKARTA | MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN, Minggu (30/06), Kisruh ditubuh gereja HKBP Kayu Tinggi DKI Jakarta Timur makin memanas, puncaknya pada saat acara ibadah minggu ( 30/06 ) berlangsung tadi pagi.

Kisruh ini dipicu akibat mosi tidak percaya antara sebagian jemaat dan para pengurus gereja ( sintua ) terhadap pendeta yang bertugas yakni Pdt Haposan Sianturi.

Berita terkait:  https://www.oborkeadilan.com/2019/06/pendeta-hkbp-kayu-tinggi-haposan.html

Salah satu penyebabnya mengangkut keuangan gereja, diduga manipulasi laporan keuangan dan penyelewengan dana hingga berjumlah ratusan juta seperti yang tertera pada surat dari Distrik ( Tim Pareses HKBP ).

Berita terkait: https://www.oborkeadilan.com/2019/06/paca-sk-pusat-hkbp-keluar-terbitlah.html

Peristiwa kemarahan sebagian jemaat memuncak yang mana sesaat pendeta Haposan Sianturi akan membawakan materi khotbah dengan berjalan naik ke atas podium atau mimbar ( Langgatan-red ) pada saat bersamaan salah seorang penatua gereja ( sintua ) juga naik ke podium dan tampak sama-sama tiba hingga terlibat saling dorong lalu beberapa warga jemaat pun kisruh bubar panik dan sebagian menghampiri langgatan ( podium ) ada yang mendorong pendeta bahkan ada yang menarik narik Jubah Kebesaran pendeta hingga sobek dan ahirnya pendeta pun turun dan diamankan ( dievakuasi ) keluar dari gedung peribadatan.

Berikut videonya: 
Peristiwa ini pun diupload ( di unggah ) seorang pemilik akun "Belli Namora Huta Uruk" salah satu dari saya ruas Pemuda HKBP kayu tinggi ungkapnya denggan mengawali narasi berikut:
______________________________________
■"Kejadian bertubi-tubi, dan memalukan terus berulang terjadi di gereja kami HKBP kayu tinggi yang saya cintai. Hari ini pendeta di turunkan paksa dari mimbar saat ingin memberikan firman Tuhan.

kepada seluruh amang , inang dongan naposo seluruh HKBP boan hamu ma hami dibagasan tangiang muna di ibadah minggu on. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kepada kami seluruh umat HKBP kayu tinggi.

tu sude na boi mambaen solusi, pihak Distrik 8 DKI Jakarta, dan pihak pusat HKBP . Somba nami oppung, amang, inang, kasihanilah kami. apakah kejadian ini harus terus berulang, hamba Tuhan dilakukan semena- mena seperti ini. Kasihani lah".

Tolong doakan kami.

-dari saya ruas Pemuda HKBP kayu tinggi
_______________________________________
Postingan ini pun langsung diserbu anggota grup Face book berjudul HKBP dalam video dan gambar .

Gambar peristiwa terkait dihentikannya pendeta berkhotbah dan gambar memperlihatkan jubah yang dikenakan pendeta sobek ( koyak ) dibagian punggung belakang, berikut gambar nya;

Ephorus HKBP Dinilai Gagal Atau Membiarkan Chaos Terjadi

Berita Terkait : https://www.oborkeadilan.com/2019/06/hkbp-berdoa-secara-khusus-terkait.html

Media Nasional Obor Keadilan sebelumnya sudah mengangkat berita ini yang mana sebagian jemaat bahkan pengurus mengakui telah terjadi pembiaran pucuk pimpinan pusat HKBP akan kasus ini pungkas salah satu jemaat pada media ini.

Berita terkait : https://www.oborkeadilan.com/2019/03/sah-hkbp-kantongi-sertifikat-merek.html

Pada beberapa kesempatan pasca terbitnya berita ini ( tentang kasus HKBP Kayu Tinggi ) ini tampak berbagai tudingan melalui komentar netizen terhadap siystem
management Ephorus yang dinilai lamban dan terkesan ogah ogahan membenahi. ( OKE )

Berita terkait: https://www.oborkeadilan.com/2019/06/gereja-hkbp-bangun-sarana-sekolah.html

■Editor: Yuni Shara Pasaribu

■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN
Komentar

Berita Terkini