|

Pdt Marinda Purba Ucapkan Selamat Tahun Baru Pada Advent 1 di HKBP Cilodong (Parm) Depok

Pendeta Marinda Purba STh, MPdk

Cilodong-Depok | Media Nasional Obor Keadilan| Minggu (1/12), Minggu Advent pertama hari ini dirayakan dengan hikmat juga oleh gereja HKPB Pos parm Cilodong Depok Jawa Barat sama halnya umat kristen protestan di seantero nusantara bahkan dunia.

"Selamat Tahun Baru........"
Begitu Sapaan hangat pembuka oleh Pdt. Marinda Purba. STh. MPdk, selaku piminan jemaat (Pendeta-red) yang membawakan Firman Tuhan pada ibadah minggu pagi hari ini di Cilodong Depok.
Sontak jemaat saling melirik satu sama lain lihat kiri kanan heran, koq ahir tahun (Desember) malah diucapkan selamat tahun baru? Itu energi jemaat, dilanjutkan lagi oleh Pendeta Marinda, betul tidak ini tahun baru? Bapa ibu?... ya sebab minggu lalu adalah tahun terakhir ujung peribadatan minggu kita dan pada advent pertama ini lah dimulai tahun peribadatan awal ungkap Marinda Purba diatas mimbar berkhotbah.

Makanya ibadah advent 1 ini kita semua harus baru suasana baru terutama hati dan jiwa kita jadikan baru, jangan cuma baju saja yang baru ya kan?.! khususnya emak emak biasanya sejak advent1 sudah sibuk mencari baju baru hingga ke pasar baru (sebuah pasar di Jakarta pusat jual pakaian harga miring-red), yang memenuhi pasarnya semua ibu ibu dan dagangan pun serba ibu ibu semua ... sambung Pendeta Marinda disambut senyum para jemaat.

MINGGU ADVENT 1, 01/12-2019
Topik: Persiapkan lah Jalan Untuk Tuhan
Nats Alkitab Bahan kotbah ibadah hari ini diambil dari Yesaya 40:1-8
Hidup kita dituntut selalu bersiap berjaga menyambut hari kedatangan Tuhan, gunakan kesempatan yang ada, lihat
Jesaya 40:6, Adong sada soara na mandok: Joujou ma ho! Jadi dohononna ma: Aha do Jouhononku? Duhutduhut do nasa sibuk, jala doshon bunga pansur hinadengganna i sudena.

Bapa ibu sekalian pernah tidak mendengar sebuah lagu batak dengan penggalan lirik nya tentang bunga Pansur? Itu lagu bagus silahkan searching di google, sepertinya pencipta lagu tersebut terinspirasi dari Nats Alkitab Jesaya ini, makanya bapak dan ibu terkasih cari inspirasi jangan nongkrong di mall, di Star buck tapi cari inspirasi di Akibat kita pasti diuntungkan, apa saja dapat kita temukan didalam Alkitab mari kita budayakan kita tingkatkan kualitas imam kita dengan terus belajar dan membaca Alkitab pungkas pendeta Marinda.

"Hidup kita dituntut selalu menjadi penghibur dalam konteks kerohanian
Dan kita semua butuh penghiburan,
Allah meminta kita umat manusia menjadi tangan tangan penghibur (pangapulion-bhs batak-red) untuk sesama" menjadi poin penting dari ulasan Firman Tuhan yang dibawakan Marinda Purba, tampak seluruh jemaat antusias dan senang selama kotbah yang dibawakannya berlangusng.

Diperkirakan jumlah jemaat yang hadir pada minggu ini berkisar 220 hingga 260 jiwa, pada minggu lalu sebelumnya (24/11) berjumlah 258 jiwa terdiri dari 117 pria dan 141 wanita, dan diikuti anak sekolah minggu 104 orang .

Keberadaan HKBP Cilodong Kota Depok ini masih berstatus pos parmingguon, hampir 4 tahun masih menumpang di Gedung Bangunan gereja milik Kostrad Div 1 Depok, bernama gedung gereja Mahanaim. Saat ini memang sudah punya tanah lahan bahkan dalam proses pembangunan, oleh karena itu setiap ibadah jemaat bergotong royong membangun mengumpulkan sedikit demi sedikit biaya pembangunan gedung baru gereja ini, dimohon doa dan dukungannya seluruh jemaat pos parm HKBP Cilodong Depok bahkan umat kristiani dimana pun berada guna percepatan terselenggara banguan nya rampung dapat dipakai ibadah untuk memuji dan menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

□PENGERTIAN MINGGU ADVENT

Advent dalam gereja Kristen adalah nama periode sebelum Natal. Nama Advent diambil dari kata Latin Adventus yang artinya adalah Kedatangan. Dalam masa Advent umat Kristen meyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada akhir zaman. Advent diduga mulai dirayakan dikalangan umat Kristen sejak abad keempat Masehi.

Advent selalu mulai pada hari Minggu yang terdekat dengan tanggal 30 November (antara tanggal 27 November dan 3 Desember) dan berlangsung sampai Malam Natal 24 Desember. Dengan ini panjangnya masa advent per tahun berbeda-beda, tetapi sebuah masa advent selalu terdiri dari 4 hari minggu.

Banyak gereja juga menempatkan sebuah rangkaian daun Advent pada kebaktian-kebaktian Advent mereka. Karangan daun itu terdiri atas empat batang lilin (tiga ungu dan satu berwarna merah jambu) yang ditata di sebuah lingkaran yang berwarna hijau yang melambangkan kehidupan yang kekal. Lilin-lilin itu dinyalakan sebanyak 4 kali ibadah minggu ()

Penulis: Obor Panjaitan
Editor : Redaksi
■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini