|

Polda NTT Akan Bentuk Polisi Pariwisata di Mabar

Ket Foto: Kapolda NTT Irjen.Pol. Drs.Raja Erizman saat memberi keterangan Pers di Mako Polres Mabar,Senin,(16/07)

Labuan Bajo NTT |Media Nasional | Oborkeadilan. -Senin,(16/07) Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akan membentuk polisi khusus pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), untuk menangani bidang pariwisata.

Kepala Kepolisian Irjen Pol Drs. Raja Erizman di Polres Manggarai Barat mengatakan, pembentukan polisi khusus pariwisata yang nantinya diharapkan akan mempermudah wisatawan maupun para pelaku wisata di Labuan Bajo.

“Ini kita akan antensi terutama Manggarai Barat merupakan daerah destinasi pariwisata”, kata Erizman.

Erizman menuturkan untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, mengingat polisi khusus pariwisata itu nantinya akan ditempatkan didestinasi wisata Labuan Bajo.

“Nantinya kita akan berkordinasi dengan stakeholder terkait yang lain termasuk dinas pariwisata, terutama kita akan mendata semua guide (pemandu wisata) baik yang memiliki peruhasan jelas maupun yang freelance”, kata Erizman.

Menurutnya, dari laporan yang diterima banyak guide yang tidak melengkapi identitas perjalanannya sehingga pihaknya tidak bisa memantau perjalanan mereka.

“Seperti kemarin kasus asusila itu, itukan guide freelance. Itu kita tertibkan, harus memiliki identitas yang jelas”, kata Erizem.

Untuk diketahui, sebelumnya publik NTT telah dihebohkan dengan kasus seorang wisatawan asing asal Prancis berinisial MB (22) diperkosa seseorang yang mengaku sebagai pemandu wisata berinisial A di Labuan Bajo, Flores, pada Selasa 12 Juni lalu.

Peristiwa itu bermula dari korban yang diantar pelaku menuju lokasi wisata Air Terjun Cunca Wulang menggunakan sepeda motor.

Menanggapi rencana Kapolda NTT tersebut aktivis pariwisata Labuan Bajo Matheus Siagian mengaku senang dengan rencana Kapolda NTT, dengan adanya polisi khusus pariwisata di Labuan Bajo tentunya membawa dampak positif demi kemajuan pariwisata NTT khusus Labuan Bajo. "Saya harap sesegara mungkin Polda NTT bentuk polisi pariwisata di Labuan Bajo. Biar wisatawan maupun pelaku wisata merasa nyaman menikmati keindahan Labuan Bajo", kata Matheus. (Louis Mindjo)
Editor : Rahardja
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini