|

Timsus Reskrim Polda Papua Berhasil Meringkus Yogor Telenggen Kelompok Kriminal Bersenjata


JAYAPURA | Media Nasional Obor Keadilan | Pada hari Sabtu Tanggal 12 Mey 2018 pukul 05.00 Wit, telah dilakukan penangkapan terhadap DPO. Yogor Telenggen oleh Satuan Tugas Khusus Polda Papua yang dipimpin oleh KANIT IV (EMPAT) IPTU Budi Basra bertempat di Kampung Usir, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

Berawal dari penyidik Polri mendapatkan Informasi tentang keberadaan Yogor Telenggen (DPO) yang melarikan diri dari Rutan Wamena pada Tanggal 08 Januari 2016, dimana YT sering berada disekitar Distrik Mulia.

Setibanya tim yang berada disekitar dimana YT berada, tepatnya pada pukul 03.00 s/d 03.40 Wit, Tim mulai berusaha untuk mengeluarkan YT dari dalam Honai namun pada saat proses pengeluaran YT, YT hendak menembak petugas maka Tim langsung melumpuhkan dengan menembak pada bagian kaki YT dan dari hasil penangkapan tersebut Tim berhasil mengamankan 1 (satu) pucuk Senjata laras pendek G2 Combat dan 5 butir Amunisi.

Yogor Telenggen alias Kartu Kuning Yoman merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Purom Wenda yang pernah ditangkap oleh Timsus Polda Papua pada hari Sabtu Tanggal 09 Maret 2013 sekitar pukul 15.20 Wit bertempat di Jln. Raya Waena - Sentani tepatnya di Makam batas Kota Waena Distrik Heram Kota Jayapura dan YT telah di Vonis seumur hidup oleh Pengadilan Negeri Jayapura namun melarikan diri dari lapas Abepura pada Tanggal 8 Januari 2016 dan hasil lidik Tim diketahui YT merencanakan keberangkatan ke Sinak untuk melakukan aksinya.

Keterlibatan Yogor Telenggen dalam kasus lainnya sebagai berikut : Penembakan Pesawat Trigana pada Tanggal 09 April 2012 di Bandara Mulia Puncak Jaya : LP / 15 / IV / 2012 / Papua / SPKT, tanggal 8 April 2012. Terlibat aksi penembakan terhadap rombongan patroli di Sungai Semen Kampung Waneggobak LP/ 28-K / X / 2011 / SPKT, Tanggal 24 Oktober 2011 penembakan tersebut mengakibatkan gugurnya anggota Brimob Mabes Polri atasa nama BRIPDA PERIANTO KALUKU dan BRIPDA EKO dan anggota Brimob Polda Papua kena luka tembak BRIPDA ABD. SYUKUR. Terlibat aksi penyerangan terhadap Mapolsek Pirime pada Tanggal 27 Nopember 2012 yang mengakibatkan 3 anggota Polsek Perime meninggal dunia dan 3 Senjata api milik Polsek diambil oleh pelaku. Terlibat aksi penembakan di Puncak Jaya pada Tanggal 28 Januari 2011 yang mengakibatkan gugurnya anggota Brimob Polda Papua serta Senjata jenis Arsenal milik korban dirampas. Terlibat aksi penyerangan dan penembakan pada hari Kamis Tanggal 21 Februari 2013 di wilayah Tinggi Nambut Kabupaten Puncak Jaya Papua dan penembakan di Sinak Kabupaten Ilaga Papua. Terlibat aksi penembakan pada Tanggal 10 Januari 2013 di Kota Lama Kampung Wuyukwi Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya terhadap PRAKA HASAN (Kritis) dan HAJI HADIS Alias WITO (MD). dan Terlibat aksi penembakan di Sinak pada Tanggal 12 Februari 2018 yang mengakibatkan gugurnya anggotta Kopasus Pratu SANDI. (Oriyen)

Penanggung Jawab : Obor Panjaitan 
Komentar

Berita Terkini