HEADLINE

H Sapto Nugroho Lepas Kafilah Barut Mengikuti MTQ XXIX Tingkat Provinsi Kalteng

/

Redaksi / Kamis, 12 April 2018 / 17:03 WIB

Sebarkan:
Gambar Istimewa : Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Barito Utara, Drs H Sapto Nugroho HW melepaskan kafilah Kabupaten Barito Utara dalam rangka mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawail Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (11/4/2018) di halaman kantor bupati Barito Utara.

Media Nasional Obor Keadilan | Barito Utara - Kalteng | Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Barito Utara, Drs H Sapto Nugroho HW melepaskan kafilah Kabupaten Barito Utara dalam rangka mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawail Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (11/4/2018) di halaman kantor bupati Barito Utara.

Rangkaian kegiatan pelepasan kafilah MTQ Barut dihadiri, Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, Sekda H Jainal Abidin, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013 Muara Teweh, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala SOPD, ketua umum LPTQ dan pengurus, ketua rombongan MTQ dan undangan lainnya.

Pjs Bupati Barito Utara, H Sapto Nugroho mengatakan sebagaimana kita imani bersama.

Al-Qur'an diturunkan sebagai petunjuk dan tuntunan kehidupan bagi umat manusia untuk memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Kitab suci Al-Qur'an tidak hanya berisi prinsip-prinsip keimanan, tetapi juga sumber nilai-nilai kebersamaan, ilmu pengetahuan, hingga hikayat kehidupan, yang dikemas dengan bahasa yang indah, penuh dengan filosofi keteladanan, serta pesan moral yang luhur dan agung.

“Al-Qur'an telah memberi tuntunan kepada umat manusia di muka bumi ini, untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi, dan hidup dalam damai. Al-Qur'an juga mengajarkan umat manusia untuk saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak saling membenci. Al-Qur'an mengajak manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kejahatan dan permusuhan,” kata H Sapto Nugroho.

Menurutnya, pemahaman atas arti dan makna Al-Qur'an secara lengkap dan utuh menjadikan kita semua kaum muslimin dan muslimat yang dapat menjalani kehidupan di dunia sesuai  dengan tuntunan ilahi. “Kita akan lebih mencintai sesama umat manusia, kita dapat membangun kehidupan yang rukun dan damai,  serta kita pun dapat menjauhi segala bentuk permusuhan dan ketidakadilan,” ucapnya.

Dengan menamkan karakter, akhlak, dan moral yang luhur dan mulia, Insya Allah kita akan dapat memperkokoh persatuan, kebersamaan, dan kerukunan, baik di antara sesama kafilah ataupun antar kafilah, dengan karakter yang kuat pula. "Insya Allah kita dapat menyukseskan dan meraih prestasi kejuaraan dari berbagai cabang lomba pada MTQ ke-29 di Pulpis, dengan niat yang ikhlas, tulus dan tidak sombong terhadap keberhasilan yang diperoleh," katanya. 

Dengan demikian, Pjs Bupati mengajak kepada kafilah Barito Utara untuk terus meningkatkan kebersamaan, dan khusus kepada peserta sekalian raih prestasi yang gemilang dengan terus berlatih dengan para pembina. “Saya yakin dengan seyakin yakinnya anak-anak sekalian akan menang apabila dengan tulus dan ikhlas berlatih dengan para pembina dan jangan sombong apabila memperoleh juara,” katanya.

Ketua rombongan MTQ Barut, H. Aswadin Noor mengatakan, kafilah MTQ Kabupaten Barito Utara berjumlah 42 orang, pembina, pelatih, pameran, mobil hias dengan jumlah 123 orang. “Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan MTQ sebanyak 165 orang,” kata Aswadin Noor.

Cabang lomba yang diikuti yaitu cabang tilawah, cabang Hifz Al Aquran, cabang Khat Al Quran, cabang makalah Al Quran, cabang Syarh Al Quran, cabang Fahm Al Quran, cabang Tafsir Bahasa Indonesia Al Quran, dan cabang bahasa Arab Al Quran. [ A-OK ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI