|

Kali Pertama, Kapal Penumpang Layani Pelabuhan Wae Wole Manggarai Timur

Ket Gambar : Kapal motor penumpang Fungka Pertama 10 asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai kapal penumpang pertama yang melayani angkut penumpang rute Kupang - Manggarai Timur (Matim)  dan juga sebaliknya, bersandar di pelabuhan Wae Wole, di Wae Lengga,  Kecamatan Kota Komba,  Kamis 29/03/2018. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Kapal motor penumpang Fungka Pertama 10 asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai kapal penumpang pertama yang melayani angkut penumpang rute Kupang - Manggarai Timur (Matim)  dan juga sebaliknya, bersandar di pelabuhan Wae Wole, di Wae Lengga,  Kecamatan Kota Komba,  Kamis 29/03/2018.

Kapal penumpang berkapasitas 200 orang penumpang Itu mulai berlayar hari rabu pukul 13.00 dari kupang menuju Matim dan tiba di pelabuhan Wae Wole,  Wae Lengga,  Kec. Kota Komba,  Matim, pukul 09.00 wita, disambut dengan ritual adat penjemputan "kepok sundung" (ritual adat penjemputan swkaligus ucapan selamat datang bagi para tamu)  di pelabuhan,  dan selanjutnya pemilik kapal,  nahkoda dan kapten kapal serta crew diarahkan ke bibir pantai tempat dilangsungkannya acara cereminial penyambutan.

Nahkoda Kapal Fungka Pertama 10 Laode Abdul Harmin dalam sambutan pada acara penyambutan yang di gelar Pemda Manggarai Timur di bibir pantai pelabuhan Wae Wole mengatakan,  kehadiran kapal penumpang Fungka Pertama 10 sebagai bentuk jawaban atas kebutuhan transportasi laut masyarakat di wilayah Flores,  khususnya masyarakat kabupaten Manggarai Timur,  Ngada,  Manggarai dan Manggarai Barat. 

"Seiring menangkap peluang bisnis. Selaku pengusaha di bidang jasa transportasi laut,  kami juga memahami kebutuhan masyarakat flores,  khususnya masyarakat Manggarai Timur dan sekitarnya.  Untuk itu kami hadir menjawab kerinduan orang Manggarai Timur akan transportasi laut yang nyaman dan lancar. Untuk fasilitas kapal kami lengkapi dengan dua kelas,  yaitu kelas ekonomi dan VIP.  Kedua kelas ini semuanya ber-AC.  Khusus untuk tiga kali perjalanan pertama dari dan menuju Kupang,  kami beri diskon setengah dari harga.  Misalnya kelas ekonomi sebanyak 178 ranjang dengan harga tiket standar 300 ribu rupiah akan menjadi 150 ribu rupiah.  Untuk VIP sebanyak 22 ranjang dengan harga tiket  400 ribu menjadi 200 ribu", ujar Laode sapaan akrab sang Nahkoda disambut teriakan girang dan tepuk tangan undangan.

Ditempat terpisah Kapten Kapal, Armin,  menuturkan,  melayani masyarakat Manggarai Timur mengalami kesan tersendiri sebab,  pemerintah dan masyarakat Manggarai Timur sangat peduli dan ramah.
"Kami tidak menduga kami disambut dan dilayani seperti ini.  Kami merasa sangat dihargai.  Dan untuk hal ini kami sangat berterimakasih.  Hal ini menjadi catatan tersendiri buat kami agar lebih semangat lagi dan dengan penuh tulus dalam melayani masyarakat Manggarai Timur yang datang dan pergi dari Manggarai Timur melalui kami", ujarnya

Menjawab awak media terkait jadwal keberangkatan kapal dari dan menuju Manggarai Timur,  Kapten Aemin menjelasnkan,  bahwa kapal motor Fungka Pertama 10 diberlayar dua kali dalam sehinggu dari dan menuju pelabuhan Wae Wole dengan jadwal setiap senin dan jum'at pukul 18.00 wita dari pelabuhan Wae Wole Manggarai Timur.  Sedangkan dari Kupang setiap hari minggu dan kamis pukul 12.00 wita.

Bupati Manggarai Timur Drs.  Yoseph Tote,  M. Si, yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra,  Drs.  Ganggur Hendrikus menyampaikan,  Pemerintah Manggarai Timur mengucapkan terimakasih kepada pihak agen Fungka Pertama Group yang begitu sigap membaca peluang serta memulai untuk melayani masyarakat Manggarai Timur dan sekitarnya melalui kapal penumpang Fungka Pertama 10.
"Pemerintah  ucapkan terimakasih atas kesedian Fungka Pertama 10 untuk melayani kami Dibidang transportasi laut.  Jujur saja,  kami sangat membutuhkan hal ini dan transportasi laut merupakan salah satu target pemerintah dalam meninhkatkan kesejahteraan rakyat.  Kami minta pihak Fungka Pertama Group untuk melayani dengan sungguh dan jangan kendor. Kami juga berharap agar kiranya bekerja dengan profesional serta memperhatikan SOP yang berlaku di bidang jasa transportasi laut", pinta Ganggur. 

Selain Asisten 1 Setda Matim,  Hadir dalam pula acara itu sejumlah pimpinan OPD Matim,  Camat Kota Komba,  Lurah Watu Nggene,  tokoh masyarakat kota komba, serta awak media,  dan ratusan undangan lainnya.[ Red /Team OKE ]

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini