|

Melalui BPSDM, Kemendagri Adakan Pembekalan Kepeminpinan Bagi ASN

Ket Gambar : pemerintahan yang harus tegak lurus dari Pusat hingga ke Daerah dalam waktu dekat akan mengadakan pembekalan kepeminpinan di alam terbuka bagi pengawas eselon IV. 

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN |Jakarta |Sesuai dengan visinya Kementerian Dalam Negeri sebagai poros pemerintahan yang harus tegak lurus dari Pusat hingga ke Daerah dalam waktu dekat akan mengadakan pembekalan kepeminpinan di alam terbuka bagi pengawas eselon IV.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Kepala Bidang Kepamongprajaan, BPSDM Kemendagri Drs. Saimona Pardano, M.IP mengatakan  bahwa kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu upaya mewujudkan pelayan publik yang  profesional. Maka pada tahun 2018 ini Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) memprogramkan kegiatan outbound dan pembekalan kepemimpinan di alam terbuka bagi Jabatan Pengawas (Eselon IV).

“Pada hakekatnya outbound dan pembekalan kepemimpinan ini merupakan proses internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, wawasan kebangsaan, revolusi mental, bela negara. Jadi di hiharapkan Bisa  melahirkan pola sikap dan perilaku yang dijiwai kecintaannya kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, menghayati dan mengamalkan Pancasila serta UUD 1945,” ungkapnya kepada wartawan melalui siaran persnya di Jakarta, Minggu 28 Januari 2018.

Saimona mengatakan, dengan program tersebut para PNS di yakini akan memiliki keyakinan akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya sebagai ASN yang rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia. Hal itulah yang harus ditanamkan pada setiap ASN yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Jadi Outbound dan Pembekalan Kepemimpinan di Alam Terbuka dirancang untuk memotivasi dan mempersiapkan pejabat Pengawas agar dapat bertindak tegas dan efektif, membangkitkan hasrat dan antusiasme dalam menyiapkan diri dan mind set, memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana emosi dan tindakan mereka mempengaruhi orang di sekitar mereka. Outbound dan pembekalan ini akan memotivasi dan memberikan pencerahan untuk bekerja pada kesadaran diri, pengaturan diri, empati, motivasi, integritas, etika, kolaboratif, dan kepatuhan diri untuk menjalankan otoritas kepemimpinannya dengan rendah hati dalam budaya integritas yang berkinerja tinggi,” bebernya.

Di samping itu melalui kegiatan ini diharapkan sinergitas antar komponen di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dapat lebih baik lagi, mengingat para peserta outbound dan pembekalan merupakan para pejabat struktural yang mempunyai kedudukan yang strategis dalam memberikan telaahan kepada pimpinan komponen/Kepala satuan kerja masing-masing.

“Sedangkan Tujuan outbound dan pembekalan kepemimpinan di alam terbuka adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan melalui proses internalisasi nilai-nilai kepemimpinan, wawasan kebangsaan, revolusi mental dan bela negara sehingga membentuk mental yang cerdas, kritis, kreatif, proaktif, disiplin, bertanggung jawab, tahan uji, pantang menyerah dan rasa bangga sebagai warga Negara Republik Indonesia,” ucapnya.

Sedangkan Pembekalan direncanakan akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 23 Februari sampai dengan  25 Februari 2018 bertempat di Pusdik Infanteri - Pussenif Kodiklat TNI-AD, Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2018 oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Materi outbound dan pembekalan akan diberikan oleh Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum,  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri. Seluruh rangkaian kegiatan itu akan ditutup pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2018 di Pusdikif – Pussenif Kodiklat TNI AD.  (yuni )

Editor :Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini