|

MSP EXPO Ajak UMKM Hadirkan Hidangan Otentik Indonesia


 Foto : Istimewa

Jakarta | Media Nasional Obor Keadilan | Indonesia begitu kaya akan keragaman kulinernya. Setiap daearah memiliki kuliner unggulan. Tak terhitung  ragam maupun bahan baku kuliner khas daerah.

Tak sedikit makanan unik dan khas tersebut diproduksi oleh UMKM. Mulai dari usaha mikro yang menjajakan makanan tersebut di pinggir jalan, hingga usaha menengah yang membuka restoran.

Upaya untuk mengangkat kekhasan kuliner ini coba dilakukan oleh Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP). Kali ini, Koperasi Jasa MSP menyelenggarakan pameran UMKM bertajuk MSP Expo 2017 – The Authentic Taste  of Indonesia.

Pameran yang akan diselenggarakan di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta pada 7 – 9 Desember 2017 ini diikuti oleh 250 UMKM dari seluruh Indonesia. Kegiatan gratis bagi pengunjung ini menampilkan beragam makanan khas halal dari berbagai daerah Sumatera Utara, Papua, Manado, dan daerah lain di Indonesia.

Contohnya, Naniura. Makanan khas Sumatera Utara ini  memiliki proses pembuatan yang menarik. Ikan mas mentah atau disebut Dekke, dibersihkan terlebih dahulu dari duri dan lendir. Kemudian dimatangkan dengan cara merendamnya dengan air asam Jungga atau jeruk purut. Jadi tidak melalui proses digoreng, dibakar, atau direbus, sehingga kualitas protein ikan mas menjadi lebih utuh karena tidak terkena api sama sekali.

Pameran ini kali juga menghadirkan makanan kekinian dari para artis. Ada Bandung Makuta Cake milik Laudya Chintya Bella, Gigi Eat Cake punya Nagita Slavina, Vava Cake dari Titi Kamal, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, bincang-bincang dengan ahli kuliner, William Wongso.

“Tak sekadar mengangkat kuliner khas Indonesia, pameran ini juga mengangkat UMKM agar cepat naik kelas,” kata Emir Moesi, Pembina Kopeasi Jasa MSP. Selain UMKM makanan, pameran ini kali juga mengkutsertakan produk-produk non makanan yang masih terkait dengan kuliner, seperti kerajinan tudung saji dan lain sebagainya.

Ketua Koperasi MSP Febri Wibawa Parsa, menambahkan, pameran ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memamerkan produk-produk UMKM di dalam dan luar negeri. Sebelumnya, Koperasi Jasa MSP juga menyelengarakan acara sejenis, MSP Expo 2016 – Indonesian Gift. “Kami juga mengajak UMKM pameran di Jepang dan Moskow di tahun ini,” papar Febri.


Tentang Koperasi Jasa MSP
Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP) didirikan tahun 2013 yang bertujuan untuk memajukankesejahteraananggotanyadanmasyarakatsecaraluas,berdasarkanpancasiladanUUD 1945.

Sejak berdiri, Koperasi Jasa MSP terus berupaya menjadi agen dan katalisator pembangunan ekonomi nasional. Salah satunya dengan memberi fasilitas lahan untuk para pelaku usaha kecil di daerah Marunda,Jakarta Utara. Tahun 2014 – 2015, koperasi ini memfasilitasi UMKM di Pasar Ciputat, Tangerang, melalui kegiatan unit simpan pinjam.

Akhir 2016, Koperasi Jasa MSP menyelenggarakan MSP Expo 2016 – Indonesian Gift. Pameran yang diselengarakan pada 2- 4 Desember 2016 di GedungSmesco, Jakarta Selatan ini merupakan upayauntukmendekatkanUMKM denganpasar.

Agustus tahun ini, Koperasi Jasa MP mengajak UMKM pameran di Moskow, Rusia. Kemudian pameran di YoyogiPark/ Tokyo/ Jepang, pada 14 dan 15 Oktober 2017.


Puncak rangkaian pameran UMKM diselenggarakan MSP Expo 2017 - The Authentic Taste of Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan pada 7-9 Desember 2017 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (***)

Editor : Redaktur
Komentar

Berita Terkini