HEADLINE

Ribuan Orang Banjiri Perayaan Pesta Ya'ahowu

/

Redaksi / Kamis, 23 November 2017 / 23:00 WIB

Sebarkan:
Foto : Agus Purwoko menyalakan api fondrako. (Dok.Albet/Obor Keadilan)

Nias | Media Nasional Obor Keadilan | Pelaksanaan Pesta Ya'ahowu yang berlangsung dari tanggal 23 sampai 26 November 2017 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemeritiman RI Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto. (23/11)

Meski sempat diundur karna derasnya guyuran hujan, namun tidak menyurutkan semangat kontingen empat (4) Kabupaten satu (1) Kota se-Kepulauan Nias untuk terlibat langsung dalam memeriahkan pesta rakyat tersebut dengan melaksanakan pawai budaya dari Lapangan Merdeka menuju Taman Ya'ahowu.

Sesampainya ditaman Ya'ahowu kontingen dan tamu dari kementerian serta para undangan lainnya langsung di sambut dengan tarian adat sekapur sirih.

Acara pembukaan Pesta Ya'ahuwu dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan Doa

Dalam laporan ketua panitia Pesta Ya'ahowu, Sowa'a Laoli melaporkan jika acara pesta rakyat ini sebelumnya telah dilakukan Launcing Maskot Pesta Ya'ahowu yaitu Burung Magiao atau yang lebih dikenal dengan nama burung Beo Nias.

Lebih lanjut, Sowa'a Laoli mengatakan jika Pesta Ya'ahowu ini bertujuan untuk melestarikan budaya Nias serta akan menjadi ajang promosi budaya di kanca Nasional dan Mancanegara

Sowa'a juga memaparkan beberapa angenda kegiatan pesta ya'ahowu yaitu "Pawai budaya, atraksi seni dan budaya, festival seni pahat, lomba dayung perahu tradisional Nias, lomba permainan rakyat, pameran produk unggulan dan kuliner Nias, serta hiburan rakyat yang akan dihibur langsung artis dari Nias serta artis dari Ibu Kota" terang Sowa'a Laoli yang menjabat Wakil Walikota Gunungsitoli itu.

Mewakili Tokoh masyarakat Nias, Kristian Zabua mengatakan selamat datang kepada para tamu undangan baik dari Nias sendiri terutama dari luar Pulau Nias.

"Mewakili masyarakat Pulau Nias,  saya mengucapkan terimakasih kepada para Pimpinan Daerah Se-Kepulauan Nias serta kepada pihak Kementerian karena sudah mendukung terselenggaranya pesta rakyat Nias ini" tutur Mantan Pangdam Papua itu.

Lakhomizaro Zabua, selaku ketua Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias yang juga Walikota Gunungsitoli menyampaikan jika kedatangan Presiden Jokowi di Kepulauan Nias tahun 2016 yang lalu menjadi motivasi buat kita untuk memajukan pariwisata di Pulau Nias karena beliau saat itu berpesan bahwa ada dua yang bisa diandalkan di Pulau Nias yaitu dari sektor Perikanan dan sektor Pariwisata, terang Walikota Gunungsitoli.

Pada puncak acara, Agus Purwoto sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemeritiman RI dalam arahanya mengatakan jika saat ini Pesta Ya'ahowu telah menjadi event Nasional.

"Untuk itu saya berharap agar para kepala daerah di Kepulauan Nias untuk terus mengembangkan akses jalur transportasi udara" ajak Agus.

Sesaat setelah menyampaikan arahannya, Agus Purwoto membuka secara resmi acara Pesta Ya'ahowu yang ditandai dengan menyalakan api fondrako.

Dari pantauan awak Media Nasional Obor Keadilan, pembukaan acara pesta ya'ahowu berlangsung meriah dengan dimeriahkan oleh atraksi budaya daerah dari masing-masing Kabupaten Kota di Pulau Nias.

Pada acara tersebut turut hadir Menteri Hukum dan HAM RI, dhi. diwakili oleh Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Kepulauan Nias beserta Ibu, Pimpinan dan anggota DPR RI, DPRD se-Kepulauan Nias (mewakili), Rombongan Kementerian Pariwisata RI, Pelaku Pariwisata dan undangan lainnya.

Penulis : Albert
Editor : Redaktur

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI