|

Memahami Landasan Pokok Akidah Ahlussunah Waljamah


Penulis: Siti Aisyah Dalimunthe
Jurusan : IAT ( ilmu al quran & tafsir )
Fakultas: Ushuluddin 
Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN-SU) Medan 
PESERTA KKN-DR 167 TAHUN  2020

MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN | Kamis, (7/08-2020) - Ahlussunnah Wal Jamaah merupakan Islam yang murni sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang memiliki sifat ketauladanan yang sempurna dan sesuai dengan Al-Qur'an, As-Sunnah, dan ijma' para sahabat Nabi SAW.
Sumber hukum yang dipakai oleh Ahlussunnah Wal Jamaah adalah Al-Qur'an, Hadits, dan Ijtihad. Lalu apa saja yang menjadi landasan pokok akidah Ahlussunah Wal Jamaah? Terdapat tiga landasan pokok utama di dalam akidah yaitu mengenal ALLAH SWT, mengenal Nabi Muhammad SAW, dan mengenal Dinul Islam.Landasan pokok yang pertama, seorang muslim harus mengenal ALLAH SWT dengan pengenalan yang sempurna, besar dan penuh keyakinan bahwa Dialah yang memelihara alam semesta, Dialah yang patut di sembah.
Seorang hamba bisa mengenal ALLAH SWT dengan cara merenungkan apa yang sudah diciptakan-Nya di seluruh bumi ini. Begitu pula dalam diri setiap hamba banyak pelajaran dan hikmah serta rahmat yang terkandung di dalamnya, yang menunjukkan bahwa ALLAH SWT satu-satunya yang menjadi tempat bergantung semua makhluk.Landasan pokok yang kedua, Nabi Muhammad SAW merupakan utusan ALLAH SWT bagi umat Islam yang patut dijadikan suri tauladan. Beliau diutus untuk membawa petunjuk dan kebenaran dalam rangka menebar misi Rahmatan lil 'Aalamiin, manusia paling ideal, seorang utusan paling mulia, derajatnya paling tinggi, kedudukannya paling dekat dengan ALLAH SWT dan syariatnya menjadi batu bagi seluruh agama.Landasan pokok yang ketiga yaitu mengenal dinul Islam, maksudnya adalah mengenal secara sempurna dengan dasar ilmu dan dalil tentang agama Islam.
Islam adalah agama yang mampu memenuhi tuntutan akal dan kebutuhan fitrah, yang sesuai dengan kemashlahatan hidupnya.

Untuk memahami pembahasan akidah secara rinci dan mendalam, seorang muslim harus mengkaji secara mendalam ruang lingkup akidah Islam yang meliputi empat hal, yaitu:
  1. Ilahiyyah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Ilah (Tuhan, ALLAH), seperti wujud, perbuatan, nama-nama dan sifat ALLAH SWT. 
  2. Nubuwwah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rasul, termasuk pebicaraan mengenai Kitab-kitab ALLAH SWT dan mukjizat.
  3. Ruhaniyyah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam metafisik, seperti Malaikat, Jin, Iblis, Setan, dan Roh.
  4. Sam'iyyah, yaitu penbahasan tentang segala sesuatu yang hanya dapat diketahui lewat sam'iy, yakni dalil naqli berupa Al-Qur'an dan Sunnah, seperti alam barzakh, akhirat, azab kubur, tanda-tanda kiamat, surga dan neraka.

          IDENTITAS PENULIS

          Nama: Siti Aisyah Dalimunthe
          Jurusan: IAT ( ilmu al quran & tafsir )
          Fakultas: Ushuluddin 
          Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN-SU)
          PESERTA KKN-DR 167 TAHUN  2020
          Komentar

          Berita Terkini