|

Geliat Desa Winongan kidul Bangun Infrastruktur Topang Penguatan Ekonomi Warganya

Ket,gambar : kepala desa Winongan kidul kecamatan Winongan kabupaten Pasuruan,Hosein saat menunjukkan lokasi budidaya ikan pada Media nasional obor keadilan

Pasuruan | Media nasional obor keadilan-Senin (10/06), Komitmen Pemerintah dalam membangun desa diwujudkan dengan mengalokasikan dana desa yang cukup besar mulai tahun 2015 lalu,dan selalu mengalami peningkatan tiap tahun.

Sebagaimana mengacu pada Peraturan Pemerintah/PP Noomor 60 tahun 2014,Dana desa diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.Dua hal ini harus berjalan seimbang serta selaras.
Pada Tahun anggaran 2019 ini,Winongan kidul salah satu desa di kecamatan Winongan kabupaten Pasuruan yang telah menerima kucuran Dana desa tahap 1 sekitar Rp. 198.000.000,00,- telah merealisasikan penggunaan dana desa tersebut pada dua kegiatan,salah satunya pembangunan Tembok penahan tanah (TPT )di areal persawahan Sebesar Rp.175.000.000,00,- dan selebihnya digunakan untuk pembangunan rumah tidak layak huni bagi warga miskin.

Hosen,kepala desa Winongan kidul dikonfirmasi Media nasional obor keadilan menyatakan bahwa dirinya telah melaksanakan seluruh kegiatan yang menggunakan anggaran dana desa tahap 1 ditahun ini.

Sementara dalam segi pemberdayaan maupun penguatan ekonomi warganya,Hosen fokus pada pendirian pasar dan kios desa yang sebagian dananya selain berasal dari pemerintah daerah kabupaten Pasuruan,dalam hal ini Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD),juga banyak berasal dari swadaya warga .

"Saya fokus pada rencana awal dalam hal penguatan ekonomi masyarakat,yaitu pembangunan kios pasar sekitar 90 kios akan segera kita selesaikan.disamping sudah kita buat Bumdes (Badan usaha milik desa).semoga dengan apa yang sudah kita lakukan akan memberikan dampak signifikan  untuk menopang peningkatan ekonomi masyarakat.hususnya warga desa yang berada di desa Winongan kidul ini.jelasnya ( Zaenal)

Editor Berita Yuni shara
Penanggung Jawab Berita Obor Panjaitan

■MEDIA NASIONAL OBOR KEADILAN

Komentar


Marhaban ya Ramadhan 🙏🏻

Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun dari Keluarga Besar Sekolah Dasar GMIT Netenaen (Kepsek : YAKOBUS O. SOGEN, S.Pd)

Berita Terkini