|

Proyek PAMSIMAS Desa Sumber Rejo Mesuji Diduga Terindikasi Sarang Korupsi



Proyek PAMSIMAS Desa Sumber  Rejo  Mesuji Diduga Terindikasi Korupsi

Media Nasional Obor Keadilan l 
Mesuji -  Pamsimas adalah kegiatan penyediaan air minun dan sanitasi berbasis masyarakat yang dananya berasal dari kontribusi masyarakat, Pemerintah  daerah, Pemerintah Pusat dan  Bank Dunia.
Kegiatan ini di dukung  oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai ececuting agency bersama  dengan Departemen Dalam Negeri  dan Departemen Kesehatan
Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( PAMSIMAS) yang dibiayai Pemerintah Desa Sumber Rejo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung terindikasi Sarang korupsi.


Kegiatan ini di dukung  oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai ececuting agency bersama  dengan Departemen Dalam Negeri  dan Departemen Kesehatan.

KKM adalah singkatan dari Kelompok keSwdayaan Masyarakat.  Merupakan nama Generik yang dahulu dinama kan LKM/BKM.

Tidak seperti yang di Di Wawancara media ,di Desa Sumber Rejo  kecamatan Way serdang  Kabupaten Mesuji. Pamsimas di Desa ini sangat aneh dan Langka. Dimana ketua KKM nya tidak mengerti Tupoksi nya  sebagai  ketua KKM.

Saat awak media datang ke lokasi  bangunan fisik Pamsimas banyak di temukan kejanggalan yang terlihat di bangunan  yang sudah jadi tersebut,Salah satu nya banyak sumur sumur yang ada di samping bangunan induk Pamsimas.

Saat di komfirmasikan dengan  ketua KKM atas nama Sardi. Dengan kebingungan dan selalu cengar cengir menjawab tidak tau dan lupa karena semua berkas di bawa oleh pendamping  ke Provinsi.

Dan kasus ini semakin mencuat setelah aliran airnya masih mengandung Limbah , kemudian Masyarakat pun melakukan pengecekan ulang kedalamannya dan memang ditemukan kedalaman bor sumur airnya tidak sesuai bentuk.

Tidak patah arang team awak media yang di ketua in oleh media  terus mencari narasumber yang terlibat dalam kepengurusan Pamsimas  di Desa  Sumber Rejo.

Setelah puas keliling  di desa tersebut  maka para awak media  bertemu dengan sekretaris KKM yang tidak lain dan tidak bukan adalah sekretaris Desa Sumber Rejo kecamatan Way serdang  Kabupaten Mesuji.

Di kediaman  sekretaris  KKM atas nama Katiran tersebut. Saat di komfirnasi terkait  temuan Dugaan Penyimpangan Pembangunan  Pamsinas tersebut,dengan enteng  pak Katiran menjawab memang benar dia sekretaris KKM Pamsimas dan memang dia juga yang membuat SPJ  Pamsimas tersebut. Tapi selebih dari  dua hal tersebut pak Katiran menjawab  tidak mengetahui  apa apa lagi.

Dan di akhir  komfirmasi  dengan  team awak media pak Katiran menanbahkan kalau dari Dinas PU Kabupaten Mesuji sudah ke lokasi dan menyatakan sudah benar  Pembangunan nya  dan siap di pertanggung jawabkan.

Tetapi kenyataan di lokasi. Awak media menemukan air  dari bangunan Pamsimas tidak mengalir  lagi ke rumah warga dan tidak ada Water meter yang  seharus nya sudah terpasang ke arah rumah rumah  warga,  dan lebih parah nya lagi  ketua dan sekretaris KKM  menjawab tidak tau dan tidak mengerti hal itu.

Untuk menindak lanjuti  sejauh mana kebenaran ucapan dari ketua dan sekretaris KKM  Pamsimas yang ada di desa Sumber Rejo  kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji, perlu di Klarifikasikan ke Dinas PU Kabupaten Mesuji oleh team awak media.

Namun kenyataannya kini justru proyek tersebut sering bermasalah, karena diduga pengerjaannya tidak lagi sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan ujung-ujungnya digunakan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk aji mumpung , mengeruk keuntungan pribadi dan kelompoknya.(Andika/Raharja)


Editor : Redaktur
Penanggung jawab  Berita :Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini