|

Tsunami Dan Gempa Bumi 7,7 SR Guncang Donggala, Memicu Terjadinya 31 Kali Gempa Susulan

Tsunami Dan Gempa Bumi 7,7 SR Guncang Donggala, Memicu Terjadinya 31 Kali Gempa Susulan

Media Nasional Obor keadilan | Jakarta | Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ) Dwikorita Karnawati melaporkan bahwa gempa Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah telah menyebabkan terkadinya tsunami. "Staf kami memantaunya dari jarak aman," kata Dwikorita kepada Oborkeadilan.com  pada Jumat malam, 28 September 2018.

Hasil Penelitian staf BMKG di lapangan, kata Dwikorita, gelombang tsunami diprediksi berketinggian 1,5 - 2 meter ke arah Kota Palu. Namun, belum diketahui dampak akibat tsunami itu. Musababnya, komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat agak terhambat akibat kesibukan menghadapi bencana ini .

BMKG sebelumnya telah mencabut peringatan tsunami. Peringatan dicabut sejak pukul 17.36 WIB atau 18.36 WITA setelah gelombang tsunami surut hingga berketinggian hanya 6 sentimeter.

Dwikorita menyatakan sebelumnya BMKG telah menyiarkan peringatan gempa sejak pukul 14.00. "Peringatan akan terjadinya gempa susulan diinformasikan setelah gempa pertama terjadi pukul 2 siang dengan kekuatan 5,9 Skala Richter yang dibarui menjadi 6 Skala Richter," ujarnya.

Berikut Video Detik-detik Gempa Donggala
Dilaporkan pula saat ini BMKG tengah berkoordinasi dengan TNI dan Basarnas untuk memantau situasi lapangan.

Dalam sebuah video yang beredar pasca gempa Donggala melalui media sosial tampak gelombang tinggi menerjang kawasan Jalan Cumi-cumi hingga Palu Grand Mall, Palu. Dalam video lainnya juga terlihat air pasang itu menerjang sebuah masjid yang ada di dekat mal tersebut. Pencarian lewat Google maps memperlihatkan lokasi Palu Grand Mall dan masjid itu sama dengan video yang beredar.

Berikut video warga merekam saat Tsunami menerjang Pesisir Palu
(OBORKEADILAN TV)
Komentar

Berita Terkini