|

SERDA SIHOMBING, SANG BABINSA SELALU SETIA MENDAMPINGI "Warga" PETANI CABE DI KELAPA KAMPIT


Tanjungpandan - BABEL | OBOR KEADILAN - Kodim 0414/Blt, Sang Babinsa desa Mempaya Serda Sihombing dari Koramil 414-05/Kelapa Kampit setiap hari selalu setia mendampingi warganya dalam bertani, Kamis (26/07/2018).

Bintara Pembina Desa selain membina generasi muda agar tetap memiliki rasa cinta kepada tanah airnya, tangguh dan ulet serta disiplin tinggi juga Babinsa melaksanakan kegiatan pendampingan dan memberikan motivasi kepada warganya terutama masyarakat petani yang sekarang sedang penanaman  holtikultura (cabe) di Desa Binaan Koramil 414-05/K.Kampit.
Kebun cabe milik Bapak Novriandi (44) yang sudah berumur ini, selalu tetap semangat dalam menekuni bercocok tanaman cabe dikarenakan harga cabe di Pulau Belitung sangat menjanjikan, disebabkan cabe kriting mauoun cabe merah besar sebagian besar masih di datangkan dari pulau jawa.

Terang Serda Sihombing, "Dengan saya dampingi memberikan motivasi dan semangat kerja kepada petani apabila ada suatu kendala akan segera di kordinasikan secara cepat dengan Dinas pertanian Kab Beltim. Apabila warga saya berhasil panennya maka akan semakin makmur dan ketahanan wilayah akan semakin kokoh".
Sang Babinsa seijin Danramil 05 Kelapa Kampit Kapten Nasip Tanjung menambahkan kembali bahwa Luas lahan yang ditanam sekitar 1,5 ha, dalam proses penanaman cabe ini dilakukan dengan cara bertahap sehingga saat panen nantinya juga bertahap sehingga harga cabe tetap stabil.

"Penanaman  pertama sudah berusia 45 hari disusul penanaman kedua berusia 30 hari dan penanaman ketiga berusia 20 hari.Cara penanan berkelang waktu supaya panennya tidak bersamaan.Cara penyiraman cabe memakai pompa air disalurkan ke pipa yang lebih kecil kondisi pipa berlubang agar cabe dapat tersiram secara merata pada tanaman cabe tersebut", terangnya. (Sumarwan)

Editor : Redaktur
Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini