|

Danramil 1707-05/Merauke Beri Materi Wawasan Kebangsaan Di SMA Negeri 1 Merauke

Foto : Koramil 1707-05/Merauke Mayor Inf. Artiono memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Merauke yang dihadiri kurang lebih 400 murid yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Merauke Jln. Pendidikan, Kelurahan Mandala, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Senin (09/07/18).


Media Nasional Obor Keadilan | MERAUKE | Koramil 1707-05/Merauke Mayor Inf. Artiono memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Merauke yang dihadiri kurang lebih 400 murid yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Merauke Jln. Pendidikan, Kelurahan Mandala, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Senin (09/07/18).

Materi Wasawan Kebangsaan yang disampaikan meliputi cara pandang sebuah Bangsa terhadap Eksistensi dirinya dan perkembangan Dinamika didalamnya serta penjelasan 4 Pilart Bangsa Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang perlu diperkuat dalam menghadapi ancaman perang yang mengalami perubahan bentuk dari ancaman perang Konvensional (tradisional) menjadi perang boneka (Proxy War) yang menggunakan peran pengganti, perang Asimetris (penggunaan kekuatan yang tidak seimbang) dan perang Hybrid yang merupakan penggunaan segala kekuatan dalam meraih keunggulan untuk menghancurkan lawan.
Antusias para siswa-siswi sangat tinggi dalam mengikuti Wawasan Kebangsaan tersebut, hal itu dapat terlihat dimana setelah kami persilahkan untuk bertanya dan mereka saling silih berganti mengajukan pertanyaan, ujar Danramil.

Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar dengan Keanekaragaman Suku dan Budaya serta Agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kita juga harus bangga dengan Keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu, kata Danramil.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Merauke Ibu Maria Goreta Letsoin mengucapkan terima kasih banyak kepada Komandan Koramil 1707-05/Merauke yang telah membantu pihak Sekolah dalam mencerdaskan siswa-siswi, dalam hal ini memebrikan Materi Wawasan Kebangsaan dan berharap agar kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan.

Author : Junadin (Pendam XVII Cenderawasih)
Editor : Oriyen

Penanggung Jawab Berita : Obor Panjaitan
Komentar

Berita Terkini