HEADLINE

Poltak Samosir : Listrik di Nias Sudah Surplus

/

Redaksi / Kamis, 21 Desember 2017 / 15:04 WIB

Sebarkan:
Foto : Istimewa

Gunungsitoli | Media Nasional Obor Keadilan | Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ialah pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak mula (prime mover).

Untuk menuju Nias terang, PT. PLN (Persero) Area Nias menjawab keraguan sekaligus harapan masyarakat dengan mendatangkan mesin baru Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

C. Mei Henston Pardede, Manager PLN Gunungsitoli Moawo saat ditemui dikantornya yang terletak di Desa Moawo, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli menjelasan beberapa jenis mesin seperti trafo dan panel baru yang berhasil dioperasikan beberapa hari lalu.

"Saat ini kita sudah berhasil mengoperasikan 6 unit Genset 3512B Caterpillar X 1.000 kw atau sama dengan 6 MW dan kita mempunyai Trafo Step Up sebagai trafo bangkit dari tegangan 400 Volt ke 20 kw dan Panel kontrol genset baru yang difungsikan di PLTD Moawo", jelasnya sambil memperlihatkan beberapa mesin baru PLN itu.

Ditempat berbeda, Manager PLN Area Nias, Poltak Samosir mengungkapkan jika pihaknya (PLN-red) terus berupaya melaksanakan program kerja yang kongkrit hingga tercipta Nias terang

"Salah satu upaya yang dilakukan PLN sejak awal mempersiapkan unit pembangkit backup sistem kelistrikan Nias. Sistem utama Nias tentunya dari pembangkit yang ada di Idanoi, namun PLN juga berpikir sejak awal bagaimana jika unit di Idanoi butuh pemeliharaan atau alami gangguan, maka tentunya backup daya perlu dipersiapkan dan Unit mesin baru di Moawolah yang menjadi jawabannya" jelas manajer PLN

Lebih lanjut, Poltak Samosir tidak lupa mengucap syukur karena apa yang telah dipersiapkan tepat dan pada saat difungsikan, Pulau Nias terhindar dari pemadaman.

"Kita bersyukur apa yang dipersiapkan tepat dan pada saat difungsikan, Pulau Nias dapat terhindar dari pemadaman karena kekurangan daya. Oleh karena itu total daya mampu sistem kelistrikan di Pulau Nias adalah sebesar 58 MW dan kebutuhan pelanggan hanya total 30MW maka daya cadangan sebesar 28MW. Sebuah cadangan daya yang besar untuk menyambut kebutuhan listrik baru bagi kemajuan ekonomi masyarakat Nias. Termasuk sinyal positif bagi para investor karena listrik sudah surplus" terang Manajer PLN Area Nias itu.

Penulis : Albert
Editor : Redaktur

Media Nasional Obor Keadilan menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : obor.leo@gmail.com dan atau via wa : 082114445256

KOMENTAR
TERKINI